Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Langkah Seduh Teh yang Benar, agar Rasanya Terkestrak Sempurna

Kompas.com - 30/05/2021, 20:02 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setiap orang pasti memiliki kesukaan teh yang berbeda-beda. Ada yang menyukai tehnya kental dan pekat, ada juga yang suka teh yang ringan.

Seperti apa pun teh kesukaanmu, tetap harus diseduh dengan cara yang benar agar semua rasanya terekstrak sempurna.

Salah satu co-founder Pieces of Peace bernama Andreas yang akrab disapa Andre menunjukkan pada Kompas.com bagaimana cara menyeduh teh yang benar.

Baca juga: Pieces of Peace, Kedai Teh Kekinian di Petak Enam Glodok Jakarta

Pieces of Peace merupakan kedai teh di Petak Enam di Chandra yang menawarkan lebih dari 30 jenis teh single origin maupun tea blend. 

Teh-teh ini berasal dari Indonesia dan impor dari negara-negara penghasil teh seperti China, Taiwan, dan Jepang.

“Teh bagus itu bisa dilihat dari warna daun, bentuk daun, hasil seduhannya," kata Andre ketika ditemui Kompas.com, Jumat (28/5/2021).

"Teh bagus paling penting seduhannya. Kalau air kepanasan, teh bagus pun menjadi percuma. Kalau teh jelek seduhan baik juga bisa jadi enak,” lanjutnya.

Porses menyeduh teh dengan menggunakan teko yang dilakukan tea master di kedai Pieces of Peace, proses ini bisa disaksikan langsung oleh para pengunjung.SYIFA NURI KHAIRUNNISA Porses menyeduh teh dengan menggunakan teko yang dilakukan tea master di kedai Pieces of Peace, proses ini bisa disaksikan langsung oleh para pengunjung.

1. Panaskan air

Langkah pertama adalah memanaskan air untuk menyeduh teh. Suhu air yang digunakan sedikit berbeda untuk jenis teh yang berbeda.

Co-founder Pieces of Peace lainnya yang bernama Joe menyebut bahwa suhu yang dibutuhkan untuk menyeduh teh merah misalnya, adalah sekitar 100 derajatCelsius alias air mendidih.

Sementara suhu yang dibutuhkan untuk menyeduh teh seperti teh hijau atau green tea tidak boleh terlalu panas, yakni hanya sekitar 70 derajat celsius saja.

Biasanya suhu tersebut terdapat di air panas dispenser.

“Kalau terlalu panas tehnya akan rusak nanti,” imbuh Joe.

Baca juga: Tips Memilih Teh Berkualitas untuk Memulai Bisnis Minuman

2. Buang air seduhan pertama

Sambil menunggu air panas dalam teko, tuang daun teh ke dalam gelas.

Takarannya disesuaikan saja, tapi biasanya Andre dan Joe menggunakan daun teh sekitar 1/3 bagian gelas. Cukup sedikit saja.

Jika air sudah panas, tuang perlahan air dalam teko ke dalam gelas. Jangan tuang terlalu banyak, sedikit saja untuk sekadar merendam teh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com