Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2020, 09:09 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kamu yang memiliki kerabat atau saudara di luar negeri dan rindu makan tempe, kamu bisa mengirim tempe.

Baca juga: Resep Botok Tempe, Makanan yang Murah, Lezat, dan Bergizi

Namun sering menjadi masalah adalah ketika membawa tempe dalam keadaan mentah, dan saat berada dalam pesawat kamu sering menggunakan kargo, dan bisa menempuh perjalanan dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu juga perjalanan paket dari Indonesia ke luar negeri. Perlu diingat tempe bukanlah makanan yang tahan lama, kandungan bakteri baik (Rizhopus oligophorus) di dalamnya membuat makanan ini rentan basi.

Melansir salah satu artikel di Kompas.com, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tempe dapat bertahan dalam perjalanan pengiriman luar negeri.

Tips ini diambil dari para pengerajin di Rumah Tempe Indonesia (RTI) yang terbiasa mengirim tempe dalam skala besar ke berbagai negara.

Pakai kemasan kedap udara

Kunci dari mengemas tempe adalah menjaga si bakteri baik, agar tidak tercemar atau berubah jadi bakteri yang bikin basi.

Baca juga: Resep Tempe Orek Kering, Masak Dulu untuk Makan Nasi Kuning Tumpeng

Sarannya adalah dengan membungkus rapat menggunakan vakum sehingga tidak ada udara keluar masuk plastik tempe tersebut.

Namun, tempe yang divakum ialah yang belum berkembang jamur dari raginya. Biasanya satu hari sebelum matang atau siap konsumsi.

Kamu lebih baik mengatakan ke produsen atau yang menjajakan tempe untuk memesan sebelum tempe jadi atau jamur raginya belum tumbuh, segera divakum dan jangan diberi lubang.

Ilustrasi tempeshutterstock Ilustrasi tempe

Plastik tempe sendiri pada umumnya memiliki sobekan-sobekan kecil, guna mengalirkan udara untuk kebutuhan hidup bakteri baiknya.

Setelah tempe sampai tujuan, barulah bisa melubangi atau memberikan sobekan-sobekan kecil di permukaan plastik pembungkus tempe.

Kemudian diamkan satu hari agar jamur bakteri baik berkembang, setelah itu baru siap masak.

Saat proses pelubangan atau pemberian sobekan di plastik, disarankan jangan sampai menganga, cukup sobekan kecil. Pasalnya jika lubang menganga akan menjadi tempat masuknya bakteri lain dan membuat tempe cepat basi.

Gunakan tempe yang dibuat secara higienis, agar tempe bisa bertahan lama. Sehingga ketahanan tempe semakin lama dan tidak berubah rasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com