Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Nasi Tanpa Beras, Pakai Kembang Kol Saja

Kompas.com - 27/08/2020, 07:07 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Cara membuat nasi tanpa beras bisa menggunakan kembang kol yang dicacah. Teksturnya jadi mirip nasi, tetapi dengan kandungan gizi lebih baik bahkan bisa untuk menu diet.

Baca juga: Cara Tepat Cuci Beras agar Nasi Pulen dan Tidak Menggumpal

Pasalnya, menurut Healthline kembang kol mempunyai kalori rendah tetapi kandungan vitaminnya tinggi. Selain itu, kandungan seratnya juga tinggi yang baik untuk kesehatan pencernaan.

 

Jadi ingin membuat nasi kembang kol? Berikut resepnya oleh Business Development Director & Cooking Host Masak.TV Alvin Maulana yang dilansir dari artikel Kompas.com, (12/6/2020).

Resep nasi kembang kol

Bahan

  • 500 gram kembang kol
  • 100 gram kacang polong
  • 1 sdm mentega tawar
  • 1 sdm peterseli cincang
  • Garam dan lada secukupnya

Ilustrasi kembang kol dicacah menggunakan food processor. SHUTTERSTOCK/NATALIA LISOVSKAYA Ilustrasi kembang kol dicacah menggunakan food processor.

Cara membuat nasi kembang kol

1. Cuci bersih kembang kol. Potong menjadi beberapa bagian.

2. Masukkan ke dalam food processor. Cacah sampai teksturnya jadi seperti nasi. Bisa juga cacah secara manual menggunakan pisau.

3. Kukus atau rebus kembang kol dan kacang polong selama 5 menit. Namun, sebaiknya dikukus supaya nutrisi dan aroma kembang kol tidak hilang.

4. Setelah matang, letakkan dalam piring saji. Tambahkan mentega saat nasi kembang kol masih panas. Beri peterseli, lada, dan garam secukupnya.

Nasi kembang kol siap disantap. Tambahkan lauk atau sayur sesuai selera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com