Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayasan DUN Buka "Beasiswa untuk Negeri", Tanpa Minimum IPK dan Batas Usia

Kompas.com - 11/04/2024, 14:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Yayasan Daerah untuk Negeri (DUN) membuka program Beasiswa untuk Negeri (BUN), beasiswa pertama tanpa batas minimum IPK, batas maksimum umur, atau asal universitas.

Beasiswa ini bertujuan memberikan beasiswa kepada pelajar di perguruan tinggi seluruh Indonesia yang memiliki karakter tumbuh bersama.

“Kami ingin memberikan beasiswa kepada pelajar yang memiliki karakter tersebut. Sebagai contoh, ada salah satu penerima BUN yang telah berumur 35 tahun namun masih menjalani pendidikan S1 akibat terhambat kondisi finansial ketika ia masih muda," ungkap Reybi Waren, Direktur Eksekutif sekaligus pendiri Yayasan DUN.

"Tapi, beliau berhasil menunjukkan rentetan rekam karya yang luar biasa dalam berkontribusi ke lingkungan sekitar, sehingga Ia dinilai layak mendapatkan kesempatan beasiswa ini,” tambah Reybi.

Reybi melihat beasiswa pendidikan bagi anak-anak yang kurang berprestasi di bidang akademik masih sangat terbatas.

"Padahal pada kenyataannya, banyak orang berpengaruh di dunia ini yang bukan berasal dari rekam prestasi akademis yang menonjol, melainkan rekam mentalitas dan values yang luar biasa, salah satunya yaitu peduli dengan sekitar," jelasnya.

Secara keseluruhan, 2.611 peserta mendaftar program Beasiswa untuk Negeri (BUN) tahun 2024. Mereka berasal dari 28 provinsi di Indonesia. Program ini sendiri mendapat dukungan dana Yayasan Assalam Fil Alamin (ASFA) dan 8 donatur pribadi dari lintas generasi dan profesi.

“Ketika kami mempelajari program Beasiswa untuk Negeri (BUN), mulai dari tujuan besar program ini, cara seleksi, hingga susunan program pengembangan diri untuk penerimanya, kami dari ASFA langsung sepakat untuk berkolaborasi dengan DUN melalui penandatangan MoU di akhir tahun 2023," jelas Muhammad Adil Triansyah, Sekretaris Lazis Yayasan Assalam Fil Alamin (ASFA).

Baca juga: Ini Cara Daftar Beasiswa BCA 2024, Kuliah Gratis dan Ada Uang Saku

"Program ini sangat sesuai dengan salah satu misi ASFA di Indonesia, yaitu mempercepat pengembangan SDM di Indonesia agar kita menjadi negara yang besar dan kuat di 20 tahun lagi,” jelasnya.

Kriteria dan tahapan beasiswa 

Kriteria penerima BUN ditetapkan sebagai berikut:

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com