Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 PTN yang Punya Jalur Seleksi Rapor dan Prestasi

Kompas.com - 11/04/2024, 07:41 WIB
Selina Damayanti,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyediakan jalur masuk yang menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik.

Beberapa PTN menyediakan jalur ini karena ingin memiliki mahasiswa yang berprestasi di akademik. Jalur ini biasanya termasuk ke dalam Seleksi Mandiri kampus yang dituju.

Siswa yang tidak lolos SNBP 2024 jangan menyia-nyiakan nilai rapor, karena kamu bisa memanfaatkannya dengan mendaftar di PTN menggunakan nilai rapormu dan tanpa tes.

Kampus mana saja yang menyediakan jalur masuk menggunakan nilai rapor dan prestasi? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga: Syarat Nilai Rapor dan Usia Daftar STIS 2024, Lulus Jadi PNS di BPS

Universitas Gadjah Mada

Pencarian Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa pemenang/juara lomba di bidang olahraga, seni, dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sesuai Program Studi yang dipilih.

Tingkat kejuaraan yang diakui adalah kejuaraan tingkat provinsi, nasional, maupun internasional dan/atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh UGM, dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan.

Juara pada kejuaraan beregu harus dibuktikan dengan kehadiran dan keikutsertaan seluruh anggota tim saat pelaksanaan lomba.

Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga memiliki jalur masuk yang seleksinya berdasarkan nilai rapor akademik yaitu Seleksi Mandiri (SM) Prestasi Akademik UNY.

Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik untuk berkuliah di UNY.

Pada jalur ini, calon mahasiswa diperbolehkan memilih dua Program Studi di UNY. Dengan persyaratan yang tidak sulit, jalur ini hanya mewajibkan calon mahasiswa untuk menyertakan rapor semester 1-5.

Baca juga: Ini 8 Jalur Mandiri UNJ 2024, Ada yang Pakai Nilai Rapor hingga UTBK

Universitas Airlangga (Unair)

Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) terdiri dari beberapa jalur seleksi, salah satunya prestasi akademik. Seleksi ini mengandalkan rapor siswa dan prestasi akademik dan non-akademik.

SMUA Prestasi Akademik ini hanya untuk siswa eligible dan mewajibkan peserta untuk melampirkan kartu peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang memilih salah satu program studi di Unair.

Universitas Indonesia (UI)

Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu jalur seleksi masuk UI yang menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik.

Selain prestasi akademik dan rapor peserta, penilaian seleksi PPKB juga ditentukan dengan indeks sekolah asal. Jalur ini menyediakan dua jenjang pendidikan yaitu Sarjana (S1) dan Vokasi (D3 dan D4).

Baca juga: Syarat Nilai Rapor Lulusan SMA/SMK untuk Daftar S1 Unhan 2024

Universitas Brawijaya (UB)

Kampus yang berlokasi di Malang, Jawa Timur ini juga membuka jalur masuk khusus seleksi rapor yaitu Seleksi Masuk Universitas Brawijaya (SMUB) Jalur Prestasi.

Jalur ini memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi berbagai bidang. Seperti peraih juara 1, 2, atau 3 di lomba nasional maupun internasional, Hafidz dan Hafidzah Alquran, dan penghafal kitab suci dari berbagai agama di Indonesia.

Demikian 5 perguruan tinggi negeri yang menyediakan jalur masuk menggunakan nilai rapor dan prestasi.

Sehingga calon mahasiswa yang punya nilai rapor bagus dan prestasi bisa juga memanfaatkan jalur ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com