Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Nilai Rapor dan Usia Daftar STIS 2024, Lulus Jadi PNS di BPS

Kompas.com - 13/03/2024, 08:43 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah kedinasan STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi salah satu sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan 2024.

Apabila sesuai jadwal dari Kemenpan RB, pendaftaran sekolah kedinasan 2024 akan dibuka pada minggu ketiga bulan Maret.

STIS adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Kampus STIS berada di Jalan Otto Iskandardinata No.64C 1, RT.1/RW.4, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330.

STIS punya 3 program studi antara lain Program Studi D3 Statistika, Program Studi D4 Statistika, Program Studi D4 Komputasi Statistik,

Baca juga: Apa Saja Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS? Ini Jawabannya

Syarat nilai rapor dan usia daftar STIS

Jika diterima di sekolah kedinasan STIS, kamu bisa kuliah gratis dan punya kesempatan menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan BPS dengan golongan yang berbeda-beda. Jika ingin kuliah di STIS, ada syarat nilai rapor hingga usia yang harus kamu penuhi.

Mengacu pada syarat pendaftaran STIS tahun lalu, berikut syarat nilai rapor dan usia yang harus dipenuhi para pendaftar.

1. Pendaftar harus punya nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 sampai dengan 100) atau 3,20 (skala 1,00 sampai dengan 4,00) pada Ijazah atau nilai raport semester gasal kelas 12;

2. Selain syarat nilai rapor, untuk mendaftar di STIS 2024, pendaftar punya usia minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2024.

Berikut persyaratan umum secara lengkap untuk mendaftar di STIS:

1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba.

2. Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri.

3. Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA Peminatan MIPA/IPS atau SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika.

Baca juga: Jurusan dan Syarat Daftar STIP Jakarta, Sekolah Kedinasan Kemenhub

4. Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 sampai dengan 100) atau 3,20 (skala 1,00 sampai dengan. 4,00) pada Ijazah atau nilai rapor semester gasal kelas 12.

5. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September tahun berjalan

6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com