Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Sekolah Kedinasan yang Langsung Jadi PNS, Siap-siap Daftar

Kompas.com - 04/03/2024, 06:43 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Memasuki bulan Maret, lulusan SMA/SMK sederajat perlu bersiap untuk mengikuti pendaftaran sekolah kedinasan 2024.

Lulusan SMA/SMK sederajat tentu ingin tahu mana saja sekolah kedinasan yang langsung jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) setelah menyelesaikan studi.

Lulus langsung menjadi PNS menjadi salah satu hal yang menarik lulusan SMA/SMK sederajat untuk mendaftar sekolah kedinasan 2024.

Melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan dan lulus jadi PNS menjadi hal yang sangat mungkin terjadi.  Pasalnya ada sejumlah sekolah kedinasan di bawah naungan kementerian atau lembaga dan bersifat ikatan dinas.

Baca juga: Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2024, Dibuka Bulan Maret

Sehingga setelah lulus bisa langsung bekerja jadi PNS di lingkungan kementerian atau lembaga yang menaungi sekolah kedinasan tersebut.

Lantas mana saja sekolah kedinasan yang langsung jadi PNS setelah lulus? Simak informasi berikut ini sampai selesai.

1. PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) merupakan sekolah kedinasan milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Setelah lulus dari PKN STAN, kamu bisa langsung bekerja jadi PNS di lembaga yang berada di lingkungan Kemenkeu.

Mengacu pada persyaratan sebelumnya, ada batas usia yang harus dipenuhi jika mau mendaftar di PKN STAN. Usia maksimal untuk mendaftar di PKN STAN pada tanggal 1 September tahun berjalan adalah 21 tahun. Usia minimal pada tanggal 1 September tahun berjalan adalah 14 tahun.

PKN STAN juga mewajibkan pendaftarnya memiliki Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT).

2. IPDN

Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN bisa bekerja di lingkungan birokrasi pemerintahan. Mulai dari merintis karier dari staf pemerintahan daerah (Pemda), Pemerintahan Provinsi (Pemprov) atau kantor kementerian.

Untuk mendaftar di IPDN ada syarat batas usia hingga tinggi badan. Pendaftar IPDN, berusia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun ketika mendaftar di IPDN.

Sedangkan syarat tinggi badan bagi siswa yang mau mendaftar IPDN, untuk pria, memiliki tinggi badan minimal 160 cm, lalu wanita memiliki tinggi minimal 155 cm.

Baca juga: 4 Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik, Pendaftaran Dibuka Maret 2024

3. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

STIN adalah sekolah kedinasan milik BIN (Badan Intelijen Negara). Setelah lulus dari STIN bisa menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Selain itu siswa yang diterima di STIN, selama kuliah taruna dan taruni tidak dipungut biaya apapun. Mereka akan tinggal di asrama, mendapat konsumsi hingga seragam. Berikut program studi yang tersedia di STIN:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com