Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat dan Cara Daftar STMKG 2024, Lulus Kuliah Jadi CPNS BMKG

Kompas.com - 31/01/2024, 16:04 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) yang merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bakal dibuka tahun 2024.

Sesuai arahan Badan Kepegawaian Negara atau BKN, pendaftaran sekolah kedinasan, termasuk STMKG akan dibuka pada bulan Maret minggu ketiga. Namun, sebelum dibuka, ketahui apa saja syarat dan biaya pendaftaran yang ada.

STMKG menyediakan 4 jurusan, yakni Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi. Sama dengan sekolah kedinasan lainnya, STMKG tidak memungut biaya apapun alias gratis selama masa studi.

Baca juga: 10 Jurusan IPDN dan Syarat Dokumen untuk Daftar 2024

Selain gratis kuliah, kamu bisa lulus dan berkesempatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 

Biaya pendaftaran STMKG

Seperti disebutkan sebelumnya, biaya perkuliahan STMKG bersifat gratis. Namun, pelamar perlu membayar biaya pendaftaran dengan rincian sebagai berikut:

  • Biaya Pendaftaran: Rp 75.000
  • Biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Rp 50.000
  • Biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB): Rp 50.000

Syarat umum pendaftaran STMKG

Berdasarkan peraturan pendaftaran STMKG 2023, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar, antara lain:

1. WNI

2. Lulus/akan lulus SMA/MA/SMK/sederajat untuk semua jurusan

3. Bagi yang lulus pada tahun 2024 dan ijazahnya belum keluar, wajib menggunakan Surat Keterangan Lulus/Surat Keterangan Aktif di Kelas XII.

Baca juga: Mata Minus dan Plus Bisa Daftar STIN 2024, Ini Ketentuannya

4. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, jika berkacamata dengan lensa spheris maksimal minus (-) 4 D, dan lensa silindris maksimal minus (-) 2 D dan bersedia untuk melakukan pengobatan LASIK dengan biaya sendiri jika diterima/lulus seleksi.

5. Usia minimal 15 tahun dan maksimal 23 tahun per tanggal 1 September 2023.

6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.

7. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.

8. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.

9. Tinggi badan pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm serta berat badan seimbang.

10. Bersedia bekerja di BMKG sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Baca juga: Beasiswa S2 Ajinomoto 2024 Kuliah Gratis ke Jepang, Tunjangan Rp 228 Juta

Khusus untuk peserta afirmasi terdapat persyaratan sebagai berikut:

  • Memiliki akta kelahiran dan domisili sesuai identitas KTP/KK di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku.
  • Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD)/yang sederajat, atau Sekolah Menengah Pertama (SMP)/yang sederajat, atau Sekolah Menengah Atas (SMA)/ yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku.
  • Bagi peserta afirmasi Orang Asli Papua (OAP) mendapatkan rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Ketua/Anggota dari Majelis Rakyat Papua (MRP).

Baca juga: Beasiswa S1-S3 ke Romania 2024: Tanpa TOEFL, Hanya Seleksi Berkas

Cara daftar STMKG 2024

Pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka serentak. Pelamar mengakses portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Sekolah Kedinasan.

SSCASN mencangkup situs resmi Sekolah Kedinasan pendaftaran Perguruan tinggi kedinasan yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama ke seluruh instansi yang membuka formasi dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com