Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik, Pendaftaran Dibuka Maret 2024

Kompas.com - 16/02/2024, 07:54 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah kedinasan tanpa tes fisik bisa dipilih siswa SMA/SMK sederajat yang mungkin kurang menyukai aktivitas fisik.

Hal ini perlu diperhatikan siswa sebelum mengikuti pendaftaran sekolah kedinasan 2024 yang akan dibuka bulan Maret mendatang.

Sebagai informasi, sejumlah sekolah kedinasan ada yang mengharuskan tes fisik dalam tahapan seleksinya.

Seleksi yang wajib diikuti pendaftar bisa berupa tes fisik atau tes kesamaptaan. Tes ini berupa tes kemampuan dan kesiapan fisik dalam berkegiatan.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan STPN, Sekolah Kedinasan Kementerian ATR/BPN

Sekolah kedinasan tanpa tes fisik

Tahapan berupa tes kesamaptaan dan kebugaran biasanya mencakup tes lari, push up, sit up, pull up, shuttle run, renang, dan lain sebagainya.

Meski sekolah kedinasan ini tanpa tes fisik, namun tetap ada persyaratan lain yang harus dipenuhi siswa lulusan SMA/SMK sederajat yang berencana mendaftar sekolah kedinasan 2024 mendatang.

Bagi siswa SMA/SMK sederajat yang kurang suka kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik, bisa memilih sekolah kedinasan tanpa tes fisik menjadi pilihannya saat mendaftar sekolah kedinasan 2024.

Dilansir dari masing-masing laman sekolah kedinasan, berikut sekolah kedinasan tanpa tes fisik yang bisa kamu pilih.

Baca juga: Jurusan dan Syarat Masuk PIP Semarang, Sekolah Kedinasan Kemenhub

1. Sekolah Tinggi Statistik (STIS)

Sekolah kedinasan tanpa tes fisik yang bisa dijadikan referensi dalam pendaftaran sekolah kedinasan 2024 adalah STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.

Syarat daftar STIS yang berkaitan dengan kesehatan fisik hanya berupa sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba.

Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri.

2. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang merupakan sekolah kedinasan milik BMKG ini juga masuk dalam daftar sekolah kedinasan tanpa tes fisik.

STMKG ini mensyaratkan calon siswanya agar sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata dengan Lensa Spheris Maksimal Minus (-) 4 D, dan Lensa Silindris Maksimal Minus (-) 2 D.

Calon siswa bersedia untuk melakukan pengobatan LASIK (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis) dengan biaya sendiri apabila diterima/lulus seleksi.

Selain itu STMKG juga mensyaratkan bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, dengan berat badan seimbang.

Baca juga: Cerita Turi, Lulus S2 dalam Waktu 1,4 Tahun dengan IPK 4,00

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com