Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud: Dana Indonesiana Perkuat Ekosistem Kebudayaan

Kompas.com - 11/03/2024, 13:31 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menjelaskan Dana Indonesiana merupakan pemanfaatan hasil kelola Dana Abadi Kebudayaan.

Tujuan utama dari program ini adalah menempatkan publik, pelaku budaya sebagai inisiator dan penggerak pemajuan kebudayaan.

Baca juga: Pelaku Seni Minta Pemerintah Tetap Pertahankan Dana Abadi Kebudayaan

"Seiring dengan perjalanan waktu, Dana Indonesiana memberikan kontribusi dalam membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan dan pemajuan kebudayaan di Indonesia," kata dia dalam keterangan resminya, Minggu (11/3/2024).

Hilmar mengatakan pendanaan Dana Indonesiana juga untuk memperkuat ekosistem kebudayaan di Indonesia.

Contoh kongkretnya adalah berbagai kegiatan kebudayaan berbasis masyarakat. Meliputi produksi seni, riset kebudayaan, sampai dengan partisipasi dalam forum kebudayaan dunia.

"Kegiatan-kegiatan itu menjadi pendorong bagi para seniman dan budayawan Indonesia untuk semakin giat berinovasi serta meningkatkan kreativitasnya," ungkap dia.

Pendiri dari Loka Art Studio, Scholastica Wahyu Pribadi menambahkan, dengan Dana Indonesiana bisa memberikan pendampingan serta mencari bakat seniman-seniman muda di daerah Gunungkidul, Yogyakarta.

"Bagi kami (Dana Indonesiana) sangat mendukung sekali. Khususnya seni pertunjukan," ungkap dia.

Dia mengungkapkan selama ini banyak seniman pertunjukan yang belum memiliki modal mencukupi untuk menggelar pertunjukan.

Padahal bagi para seniman itu, kegiatan pertunjukan sangat penting. Tidak hanya untuk bertahan hidup, tetapi juga untuk membangun relasi atau jaringan.

Baca juga: Wacana Pembentukan Kementerian Kebudayaan Harus Dirumuskan dengan Baik

Menurut Scholastica, lewat Dana Indonesian aitu pemerintah hadir memberikan dukungan terhadap upaya penguatan dan pengembangan kebudayaan.

Dia menjelaskan dari aspek kebermanfaatan, kucuran Dana Indonesiana itu sangat besar manfaatnya.

"Apalagi bagi kami yang bergerak di bisnis seni, sangat susah dapat investor. Selain itu perbankan juga masih sangat susah untuk mengucurkan kredit kepada pelaku seni pertunjukan," jelas dia.

Dengan adanya Dana Indonesiana, sambung Scholastica, Loka Art Studio kini bisa melnjalankan program inkubasi bagi para pelaku seni pertunjukan.

Baca juga: Kemendikbud: Dana Indonesiana Berpengaruh Besar bagi Kebudayaan

"Mereka didampingi tidak hanya urusan teknis kesenian saja. Namun juga didampingi untuk membentuk jiwa leadership dan kewirausahaan yang tangguh," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com