Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Pembentukan Kementerian Kebudayaan Harus Dirumuskan dengan Baik

Kompas.com - 29/02/2024, 16:59 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Wacana pembentukan Kementerian Kebudayaan sampai juga ke Parlemen. Sejumlah anggota DPR merespon positif wacana tersebut.

Pemerintah tetap diminta untuk menyampaikan rumusan secara detail dan komprehensif.

Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda mengatakan, dirinya pribadi berada pada posisi setuju sejak awal usulan pembentukan Kementerian Kebudayaan.

Baca juga: Kemendikbud: Bullying Merupakan Dosa Besar Pendidikan Indonesia

"Tapi harus dirumuskan secara detail dan komprehensif. Termasuk juga menguraikan apa saja mandatori Kementerian Kebudayaan nantinya," ucap dia dalam keterangan resminya, Kamis (29/2/2024).

Huda mengatakan cara pandang yang diperlukan adalah merespons tantangan masa depan.

Itu supaya visi menjadikan Indonesia maju bisa terwujud, khususnya lewat akar tradisi bangsa Indonesia yang sudah begitu kuat.

Dia menjelaskan semua capaian kemajuan yang ingin ditorehkan sebagai warisan pembangunan, harus berbasis pada kebudayaan.

"Pada konteks ini, harus punya grand design strategi kebudayaan," ungkapnya.

Baca juga: Implementasi Kurikulum Merdeka demi Tingkatkan Kualitas Belajar Siswa

"Supaya kebudayaan bisa mewarnai program atau jalannya pemerintahan ke depan. Jika semua itu bisa dirumuskan dengan baik, pembentukan Kementerian Kebudayaan patut didukung," jelas dia.

Anggota Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian juga merespon wacana tersebut. Sebelumnya dia mengatakan, pembentukan dan jumlah kementerian, harus mengacu kepada UU 39/2008 tentang Kementerian Negara.

"Karena UU inilah sebagai acuan utama dalam pembentukan kementerian," ujar Hetifah.

Dia lantas menjelaskan mengenai gagasan pembentukan kebudayaan secara mandiri (dipisahkan dari pendidikan) merupakan gagasan yang positif.

Gagasan ini sempat di wacanakan oleh beberapa calon presiden (Capres) dalam debat Capres sebelum pemilu 14 Februari 2024.

Baca juga: Alasan Kemendikbud Terapkan Kurikulum Merdeka secara Nasional pada 2024

Gagasan itu muncul, bilang dia, mengingat kebudayaan Indonesia sangat kaya dan merata di seluruh daerah. Kebudayaan juga dapat menjadi instrumen utama dalam pembentukan karakter dan jatidiri bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com