Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud-Harvard University Bersinergi Perkuat Kemampuan Digital Guru

Kompas.com - 10/03/2024, 07:03 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen GTK Kemendikbud Ristek) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyelenggarakan Program Microcredential CS50x Indonesia–Harvard University.

Setelah sukses dengan penyelenggaraan program pilot tahun 2023, terjadi peningkatan pada jumlah peserta guru dari 150 menjadi 273 orang guru pada jenjang SMP, SMA, dan SMK.

Setelah Program CS50x berlangsung selama 22 minggu secara daring, para peserta terpilih akan mengikuti rangkaian program luring 5 hari di Jakarta Intercultural School yang dipandu secara langsung oleh Prof. David J. Malan, Gordon McKay Professor, Practice of Computer Science Harvard University.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim turut hadir bersama Prof. David Malan pada pembukaan seminar luring yang bertajuk "Digital Skill Bagi Guru" di Graha Ristekdikti Gedung D Kompleks Kemendikbudristek, Jakarta pada Kamis (7/3/2024) lalu.

Baca juga: Kemendikbud: Dana Indonesiana Berpengaruh Besar bagi Kebudayaan

Wujud komitmen gerakan Merdeka Belajar

Nadiem Makarim menekankan, pelaksanaan program CS50x merupakan wujud komitmen gerakan Merdeka Belajar dalam meningkatkan kompetensi guru.

"CS50x Indonesia–Harvard University adalah langkah nyata, sebagai komitmen gerakan Merdeka Belajar, untuk terus meningkatkan kompetensi guru-guru di Indonesia. Dengan mengikuti program ini, saya berharap para guru akan mendapatkan ilmu yang relevan dengan perkembangan zaman sebagai bekal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran," urai Mendikbud ristek Nadiem Makarim dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/3/2024).

Program ini telah dilaksanakan dengan format kegiatan secara daring dan luring semenjak Oktober 2023 sampai dengan Maret 2024.

Para guru diajarkan langsung oleh para teacher fellow dari Harvard University tentang ilmu komputer dan seni pemrograman.

Sasaran program ini terbuka untuk semua guru dan tidak terbatas pada yang mengajar di bidang komputer dan informatika.

Salah satu prinsip dasar yang didapatkan para guru dalam program ini adalah, seperti Computational Thinking sebagai landasan berfikir dalam bidang informatika.

Selanjutnya, ditanamkan prinsip bahwa pelajaran Informatika bukan sekadar soal penggunaan TIK sebagai alat, melainkan sebagai sarana menjadikan peserta didik sebagai digital citizen.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Ingin Kesejahteraan Guru dan Dosen Terjamin

CS50x Indonesia–Harvard University tetap berlanjut

Nadiem menambahkan, para guru peserta juga mendapatkan pemahaman bahwa informatika adalah ilmu yang fleksibel dengan bidang keilmuan lain.

Sebab, pada hakikatnya, perangkat informatika dibuat untuk memudahkan menuntaskan pekerjaan di berbagai bidang kehidupan serta membantu menyelesaikan permasalahan di era modern.

Terakhir, prinsip yang tak kalah krusial di zaman ini adalah bahwa pembelajaran Informatika mestinya dapat melahirkan generasi kreator sehingga peserta didik tidak hanya menjadi pengguna teknologi.

Dengan prinsip-prinsip tersebut, program CS50x Indonesia–Harvard University sejalan dengan semangat Merdeka Belajar yang mengedepankan peningkatan kompetensi guru.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com