Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara "Download" Kartu Peserta SNBP 2024, Ditutup 28 Februari

Kompas.com - 26/02/2024, 08:13 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Saat mendaftar SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), calon mahasiswa perlu tahu cara download kartu peserta.

Kartu peserta SNBP 2024 ini merupakan kartu bukti pendaftaran yang bisa diunduh oleh pendaftar setelah melakukan finalisasi pendaftaran SNBP 2024.

Dilansir dari laman resmi SNPMB BPPP Kemendikbud Ristek, Senin (26/2/2024) peserta atau calon mahasiswa diwajibkan segera melakukan cetak kartu peserta SNBP pada laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Calon mahasiswa bisa download atau mengunduh dan mencetak kartu peserta setelah melakukan finalisasi pendaftaran SNBP 2024.

Baca juga: Cerita Dewi, Lulusan Tercepat UNY yang Wisuda Tanpa Skripsi dan KKN

Cara download kartu peserta SNBP 2024

Perlu diingat bahwa kartu peserta ini harus disimpan dengan baik dan tidak hilang sampai waktu pengumuman dan daftar ulang SNBP 2024.

Calon mahasiswa yang sudah mendaftar SNBP 2024, berikut cara downliad kartu peserta SNBP 2024 dan mencetak kartu peserta yang perlu kamu ketahui.

1. Akses di portal SNBP di portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, klik tombol “Masuk” yang ada di pojok kanan atas.

2. Masuk menggunakan alamat email dan password akun SNPMB Anda.

3. Isi “Data Orang Tua” pada halaman Profil. Beberapa data yang sudah terisi tidak perlu diganti karena menyesuaikan data yang diisikan saat pembuatan akun SNPMB.

4. Lakukan pendaftaran SNBP 2024 dengan cara:

  • Pilih program studi sesuai dengan ketentuan persyaratan yang ditetapkan oleh PTN yang dituju.
  • Unggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah (bagi siswa yang memilih program studi bidang seni dan olahraga).
  • Isikan prestasi yang sesuai dengan bidang pada halaman “Prestasi”.


Baca juga: Warek Unej: Ada 3 Hal Pengaruhi Calon Mahasiswa Lolos SNBP 2024

5. Setelah melakukan pendaftaran, siswa wajib melakukan finalisasi. Pastikan seluruh data dan informasi yang diisi sudah benar. Data tidak dapat diubah setelah finalisasi.

6. Setelah dipastikan, beri centang pada pernyataan “Saya setuju untuk finalisasi”, dan klik tombol "Finalisasi".

7. Akan muncul pop-up persetujuan, klik "Finalisasi". Kartu bukti peserta SNBP 2024 tersedia di halaman Finalisasi, silakan download dengan mengeklik “Unduh”.

Perlu ditekankan bahwa kartu peserta SNBP 2024 ini harus disimpan dengan baik dan tidak hilang sampai waktu pengumuman dan daftar ulang SNBP.

Saat pendaftaran, setiap calon peserta diizinkan memilih prodi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN, serta dapat memilih dua program studi dari satu atau dua PTN.

Baca juga: Guru Besar Unair Jelaskan Peran Penting Bahasa Ibu

Sebagai informasi, pendaftaran SNBP 2024 akan ditutup pada 28 Februari mendatang. Sedangkan pengumuman SNBP 2024 akan dilakukan pada 26 Maret 2024.

Itulah cara download kartu peserta SNBP 2024 sebagai bukti pendaftaran yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com