Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Asing Banyak Pilih Kampus Ini untuk Kuliah

Kompas.com - 21/02/2024, 20:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - President University menjadi salah satu kampus swasta di Utara Jakarta yang semakin diminati mahasiswa asing.

Kampus yang terletak di kota mandiri hijau Jababeka Cikarang, Bekasi, Jawa Barat ini memiliki sekitar 1.000 mahasiswa asing yang berasal dari berbagai negara.

Baca juga: Bantu Mahasiswa yang Sulit Bayar UKT, Ini Langkah yang Dilakukan Unand

Dari mahasiswa asing ini, kampus bisa mendatangkan devisa 40 juta dollar AS per tahun.

Bahkan, President University juga memiliki banyak dosen asing. Hal ini bertujuan agar kualitas pendidikan tidak kalah dengan kampus-kampus luar negeri.

Pimpinan Yayasan President University, Prof. Budi Susilo Soepandji mengatakan, bahasa pengantar perkuliahan di President University menggunakan Bahasa Inggris. Hal itu menjadi daya tarik mahasiswa asing untuk kuliah di kampus ini.

Keunggulan lainnya, kata dia, mahasiswa di President University juga diberikan pendidikan praktik kerja (knowledge base) dan practical training di perusahaan Multi Nasional Company (MNC) yang ada di kawasan industri Jababeka, Cikarang.

"Alumni President University mencapai 20.000 orang tersebar diseluruh dunia menduduki berbagai posisi penting di perusahaan multinasional maupun pemerintahan," kata Prof. Budi dalam keterangan resminya, Rabu (21/2/2024).

Rektor President University, Handa S. Abidin menjelaskan, pelajaran bahasa asing diajarkan ke mahasiswa selama 6 semester, baik mahasiswa asal Indonesia maupun mahasiswa asing.

Maka dari itu, semua pelaksanaan kuliah di President University menggunakan bahasa asing (Bahasa Inggris).

Baca juga: Kemendikbud Ingatkan PTN untuk Bijak Tetapkan UKT Mahasiswa

"Hal itu menjadikan mahasiswa President University banyak yang menjadi ahli bahasa Inggris, researches, dan lainnya," ucap dia.

Adapun tempat tinggal atau asrama bagi mahasiswa President University mendapat hunian mewah setara hotel bintang empat.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan mahasiswa asing nyaman berkuliah di President University.

Baca juga: UPI Tambah Kuota Mahasiswa Baru Jalur SNBP 2024

"Security yang ketat dan fasilitas makan di Hollywood Junction sangat memuaskan mereka. Asrama di Monroe tower, Elvis Tower, dan Beverly Hill residence di kawasan Jababeka ini memberikan kenyamanan ekspatriat perusahaan multi nasional, dosen asing, serta mahasiswa lokal dan asing yang ada di President University," tutup Handa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com