Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPI Tambah Kuota Mahasiswa Baru Jalur SNBP 2024

Kompas.com - 17/02/2024, 15:40 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI menambah kuota mahasiswa baru di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP 2024.

Direktur Direktorat Pendidikan UPI, Asep Supriatna, mengatakan tahun ini UPI membuka kuota maba mencapai 11.181 untuk semua jalur.

Kuota Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru atau SNPMB UPI yang ditawarkan tahun 2024 ini meningkat dari tahun sebelumnya di Tahun 2023 sebanyak 11.134 mahasiswa.

Baca juga: Unesa Buka 12 Prodi Baru di SNBP 2024, Ada S1 Kedokteran

Rincian kuota per jalur disesuaikan dengan aturan Kemendikbud Ristek. Yakni kuota minimum jalur SNBP sebesar 20 persen. Kuota minimum jalur SNBT sebanyak 40 persen kecuali PTN Badan Hukum (PTNBH), SNBT Minimum 30 persen. Sedangkan untuk kuota jalur seleksi mandiri sebesar maksimum 30 persen.

Jadi jumlah kuota jalur SNBP sebanyak 3.363, kuota jalur SNBT 5.055 dan kuota jalur seleksi mandiri sebanyak 2.763 untuk UPI.

Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru Direktorat Pendidikan UPI, Prof H. Ahmad Mudzakir menjelaskan secara rinci ketentuan seleksi jalur SNBP di UPI dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik.

Baca juga: Beasiswa buat Siswa SMA atau SMK, Ada Bantuan Rp 4 Juta Per Semester

Peserta SNBP 2024 adalah siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul dan dinyatakan eligible.

Prestasi akademik maupun non akademik dari siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.

Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024.

Selanjutnya, pada tahun 2024, siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 juga tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.

Ketentuan seleksi melalui Jalur SNBT di UPI diikuti oleh peserta yang terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali. Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024 saja.

Ketentuan jalur seleksi mandiri di UPI didasarkan pada hasil tes Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Mandiri. Baik untuk seleksi mandiri reguler maupun seleksi mandiri prestasi istimewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com