Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Kampus Cirebon Buka 3 Prodi Baru, Terbuka untuk SNPMB 2024

Kompas.com - 06/02/2024, 20:59 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Cirebon membuka tiga program studi (Prodi) pada tahun akademik 2024/2025.

Tiga program studi itu adalah Biologi dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Kewirausahaan dari Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), dan Desain Produk dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Baca juga: ITB Buka Pendaftaran S2 Tahun 2024, Ini Syaratnya

Adapun kelas itu merupakan kelas paralel yang juga ada di ITB Kampus Ganesa dan ITB Kampus Jatinangor.

Direktur ITB Kampus Cirebon, Iwan Kustiawan mengatakan, pembukaan kelas tersebut sebagai bagian dari upaya memperluas cakupan kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan dampak ITB bagi masyarakat.

"Pembukaan kelas di ITB Kampus Cirebon didasarkan pada rencana pengembangan ITB multikampus yang setiap empat tahun akan dibuka kelas baru," kata dia dilansir dari laman ITB, Selasa (6/2/2024).

Sejak dibuka pada tahun akademik 2016/2017, ITB Kampus Cirebon memiliki empat kelas paralel sarjana, yakni Teknik Industri dari FTI.

Kemudian Perencanaan Wilayah dan Kota dari SAPPK, Kriya dari FSRD, dan Teknik Geofisika dari FTTM, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, dan Oseanografi dari FITB.

Adapun penerimaan mahasiswa baru untuk prodi baru tersebut sudah mulai berjalan dan informasi lebih lanjutnya bisa diakses di https://admission.itb.ac.id/info/.

Mahasiswa yang lolos dan diterima akan menjalani Tahap Persiapan Bersama (TPB) di ITB Kampus Jatinangor terlebih dahulu, kemudian menjalankan perkukiahan di Kampus Cirebon.

Baca juga: ITB Tidak Gapai Untung dari Kerja Sama dengan Pinjol Danacita

Memiliki keunikan

Iwan Kustiawan mengatakan, program yang dibuka di kampus Cirebon memiliki keunikan tersendiri, terutama dalam hal relevansi terhadap lingkungan tempat kampus Cirebon berada.

Layanan dan kurikulum yang berikan oleh kampus Cirebon juga sama seperti pelayanan yang ada di Kampus ITB Bandung dan Jakarta.

"Adapun kelebihannya (di kampus Cirebon) adanya kekhasan terkait ke wilayah. Misalnya Biologi bisa berfokus ke biologi perairan, Desain Produk terkait potensi lokal seperti furnitur khas Cirebon, dan hal itu akan didukung dengan Kewirausahaan dari SBM," ujar Iwan Kustiawan.

Baca juga: Mahasiswa Sulit Bayar UKT, ITB: Harusnya Orangtua Datang ke Kami

Iwan berharap dengan adanya kelas paralel yang ada, kontribusi ITB Kampus Cirebon untuk mendukung terciptanya sumber daya manusia berkualitas hingga berbagai dampak baik lainnya yang semakin luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com