Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Sulit Bayar UKT, ITB: Harusnya Orangtua Datang ke Kami

Kompas.com - 01/02/2024, 13:50 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Muhamad Abduh menyarankan orangtua yang kesulitan bayar uang kuliah tunggal (UKT) untuk datang langsung ke kampus.

Menurut Prof. Abduh, dengan datang ke kampus akan memudahkan ITB dalam mencarikan solusi masalah kesulitan pembayaran UKT.

Baca juga: ITB: Pinjol Bukan Opsi Utama Mahasiswa buat Bayar UKT

"Jika orangtua itu ada kesulitan tidak bisa melaksanakan kewajibannya tersebut, harusnya datang ke kami. Tentunya kami punya channel untuk bagaimana menyelesaikannya," kata Prof. Abduh dalam konferensi pers yang disiarkan secara online, pada Rabu (1/2/2024).

Prof. Abduh mengatakan, saat datang ke kampus orangtua akan bertemu dengan jajaran Direktorat Kemahasiswaan atau Direktorat lainnya untuk mencari solusi masalah kesulitan bayar.

Solusi itu bisa saja berupa upaya pengurangan UKT, cicilan dari kampus atau beasiswa apabila mahasiswa benar-benar berprestasi atau membutuhkan.

"Datang ke tempat kami, di sana nanti ada hubungkan dengan direktorat kemahasiswaan untuk masalah beasiswanya," ujarnya.

Menurut Prof. Abduh, akan sangat sulit jika orangtua hanya melihat pilihan solusi keuangan yang ditampilkan ketika mahasiswa tidak bisa melakukan perwalian.

Masalah akan lebih mudah terpecahkan jika orangtua mahasiswa mendatangi pihak kampus untuk berkomunikasi dan mencari solusi terkait masalah kesulitan bayar.

"Sehingga bisa terpecahkan. Tapi kalau semuanya virtual-virtual susah juga. Tentunya harus komunikasi ini yang kami bangun," ucap Prof. Abduh.

Prof. Abduh juga menegaskan ITB tidak pernah memaksa mahasiswa membayar UKT melalui sistem pembayaran melalui pinjaman online (pinjol).

"Memang kami mengetatkan masalah piutang ini dengan kami mengintroduksi tidak bisa mengakses perwalian jika dia belum bayar sama sekali. Ada mahasiswa orangtua yang sudah mencicil kita tidak sentuh," jelas Prof. Abduh.

Baca juga: ITB Sebut 10 Mahasiswa Sudah Gunakan Pinjol Danacita

Sebelumnya diberitakan, jagat media sosial X dihebohkan dengan isu kampus ITB yang memberi layanan pinjol bagi mahasiswan untuk membayar UKT.

Informasi itu menyebar ke khalayak luas di aplikasi X oleh @ITBfess. Pada unggahan akun @ITBfess, layanan pembayaran UKT di ITB bekerja sama dengan pihak ketiga, yaitu Danacita.

Di laman Danacita juga memberikan informasi sebagai mitra resmi dari ITB. Adapun peminjaman dari Danacita tidak dikenakan biaya tanpa DP dan jaminan.

Mahasiswa juga diberi opsi pembayaran dalam waktu 6 bulan atau 12 bulan.

Baca juga: 10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024, Ada ITB

"Disuruh pinjol sama ITB! Kami segenap sivitas akademik ITB mengucapkan selamat membayar cicilan beserta bunganya," tulis akun @ITBfess, Kamis (25/1/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com