Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unair Punya Jalur Seleksi "Golden Ticket", Terbuka untuk Ketua OSIS

Kompas.com - 04/02/2024, 13:30 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) memiliki jalur "Golden Ticket" atau jalur prestasi untuk ketua OSIS dan siswa yang berprestasi di bidang keagamaan.

Rektor Unair, Prof. Mohammad Nasih mengatakan, jalur itu merupakan kuota tambahan dari seleksi prestasi selain melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Baca juga: Rektor: Jadi Mahasiswa Unair Tak Perlu Khawatir Soal Biaya Kuliah

"Akan ada tambahan dua sampai lima persen (kuota) melalui jalur Golden Ticket," kata Prof. Nasih dikutip dari laman resmi Unair, Jumat (3/2/2024).

Selain kategori ketua OSIS dan prestasi keagamaan, Prof. Nasih mengatakan, para peserta yang ingin ikut jalur Golden Ticket bisa memilih kategori prestasi lainnya yang tersedia.

Prof. Nasih melanjutkan, pada tahun 2024 ini Unair menargetkan ingin menerima 9.000 mahasiswa baru dari berbagai jalur seleksi yang ada.

Adapun jalur yang tersedia, antara lain SNBP, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri.

"Ini kesempatan yang bagus jadi harus disiapkan agar tidak sia-sia. Pintu terbuka lebar bagi siapa saja, lulusan Unair harus digembleng agar menjadi lulusan tangguh kedepan," ujarnya.

Jika dirincikan jumlah kuota yang diterima dari SNBP sebesar 20 persen ditambah jalur Golden Ticket 2 sampai 5 persen, SNBT 30 persen, dan seleksi mandiri 50 persen.

Seleksi mandiri ini terbagi menjadi beberapa bagian, seperti mandiri prestasi, mandiri ujian tertulis berbasis komputer (UTBK), mandiri ujian tulis, dan mandiri kemitraan.

Prof. Nasih juga menyampaikan, untuk menjadi mahasiswa Unair tidak perlu merisaukan kendala biaya kuliah.

Baca juga: Unair Buka Kuota 9.000 Mahasiswa Baru pada 2024

Dia membantah adanya penerimaan jalur mandiri yang diutamakan uang sumbangan yang paling besar, karena banyak fakta dari tahun ke tahun mahasiswa dengan sumbangan terkecil banyak diterima di jalur mandiri.

"Karena Unair membuka beasiswa yang beragam," ujarnya.

Untuk itu, semua calon mahasiswa punya kesempatan yang sama mendapatkan perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di Indonesia.

Baca juga: Rektor Akan Cabut Ijazah Caleg Alumni Unair yang Terbukti Korupsi

"Tetap optimistis terus berjuang, semangat belajar dan berdoa maka peluang mendapatkan Unair menjadi besar," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com