Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan Sepi Peminat di Unair, tetapi Punya Peluang Kerja Tinggi

Kompas.com - 29/01/2024, 17:49 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia memiliki jurusan kuliah yang cukup menjanjikan untuk dipilih.

Setidaknya ada 62 program studi (prodi) yang ada di Unair, mulai dari D3, D4, sampai S1.

Tentunya dari puluhan jurusan ini, ada yang ramai peminat dan sepi peminat.

Meski Unair punya deretan jurusan sepi peminat, kenyatannya jurusan ini punya peluang kerja yang menjanjikan dan banyak dicari.

Baca juga: PT KCI Buka Lowongan Magang Siswa SMK dan Mahasiswa Banyak Jurusan

Mau tahu apa saja jurusan Unair sepi peminat dengan peluang kerja tinggi? Berikut rinciannya dilansir dari laman Unair.

10 jurusan sepi peminat Unair

1. Teknologi Hasil Perikanan

Teknologi Hasil Perikanan (THP) berfokus pada pengolahan hasil perikanan, pangan fungsional, keamanan pangan, dan hilirisasi industri.

Tahun ini, THP akan mengikuti akreditasi internasional Accreditation in Engineering Computer Sciences Natural Sciences Mathematic.

Jurusan ini telah melahirkan lulusan yang berkiprah di berbagai sektor. Mulai dari instansi swasta, pemerintah, akademisi, dosen, peneliti, hingga entrepreneur.

2. Fisika

Biasanya basis Ilmu Fisika di kampus adalah Teknik atau FMIPA. Namun, Jurusan Fisika di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair ini berbasis ilmu kesehatan.

Meskipun bukan termasuk ilmu teknik, tetapi Fisika Unair menduduki posisi terbaik ke-4 di Indonesia dan telah terakreditasi unggul.

Lulusan Fisika Unair bisa terjun dan bekerja di berbagai bidang dengan cakupan yang luas. Misalnya ada yang bekerja sebagai banker, human resource development (HRD), customer service, fisika medis, hingga pengolahan data serta cyber perusahaan.

3. Kesehatan Masyarakat (FIKKIA Banyuwangi)

Selain di Surabaya, Unair juga memiliki fakultas di Banyuwangi yang bernama FIKKIA. Kesehatan Masyarakat menjadi salah satu jurusan di FIKKIA.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com