Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Rektor Universitas Terbuka Gaungkan Transformasi Digital pada World Digital Education Conference di China 

Kompas.com - 31/01/2024, 14:20 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rektor Universitas Terbuka (UT) Ojat Darojat bersama delegasi diundang menjadi narasumber Kementerian Pendidikan Republik Rakyt China (RRC) dalam acara 2024 World Digital Education Conference.

Konferensi internasional tentang Pendidikan Digital bertema “Digital Education: Application, Sharing, and Innovation” tersebut dilaksanakan secara luring di Gedung Expo Center, Shanghai China pada Selasa (30/1/2024) hingga Rabu (31/1/2024).

Konferensi itu diselenggarakan Kementerian Pendidikan RRC bersama Komisi Nasional Tiongkok untuk United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), dan Pemerintah Kota Shanghai. 

Hadir dalam konferensi itu, Menteri Pendidikan RRC Huai Jinpeng, Vice Minister of Education China Yan Wu, dan para pejabat penting lain di lingkungan pemerintahan Shanghai.  

Pada momen tersebut, Ojat yang juga Presiden Asian Association of Open Universities (AAOU) periode 2022-2022 dan 2023-2025, mempresentasikan materi tentang AAOU Initiatives For International Collaboration and Digital Education Exchanges in Asia. 

Konferensi 2024 World Digital Education Conference bertujuan agar semua pihak, baik pemerintah, universitas, sekolah dasar dan menengah, perusahaan, organisasi internasional terkait, organisasi nonpemerintah, serta pemangku kepentingan lain bersama-sama mengeksplorasi praktik dan inovasi dalam pendidikan digital

Baca juga: Kembangkan Pelayanan bagi Mahasiswa, UT Studi Banding ke AIOU, Pakistan

Hal itu bertujuan untuk mempromosikan pendidikan yang inklusif, adil, dan berkualitas melalui transformasi pendidikan digital sehingga mendukung terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Sesuai tema, konferensi itu berfokus pada topik-topik, antara lain peningkatan literasi digital dan kompetensi guru, digitalisasi pendidikan dan konstruksi masyarakat pembelajaran, tren global indeks pengembangan dan evaluasi pendidikan digital, kecerdasan buatan dan etika digital, tantangan dan peluang transformasi digital untuk pendidikan dasar, serta tata kelola digital dalam pendidikan.

Transformasi dan inovasi pendidikan di era digital sangat penting karena seiring dengan revolusi ilmu pengetahuan dan teknologi serta revolusi industri. 

Teknologi digital juga menjadi kekuatan pendorong yang mengubah dan membentuk kembali pola pikir, struktur organisasi, dan cara operasional masyarakat manusia di semua lini. 

Baca juga: UT Akhirnya Lahirkan Doktor Pertama, Ternyata Seorang Wali Kota

Hal itu menjadi tantangan baru, tetapi juga membuka peluang besar lahir pada beragam inovasi untuk mendorong pembangunan. 

Penerapan dan perkembangan teknologi digital telah terintegrasi dalam ragam aktivitas yang menyentuh seluruh aspek kehidupan masyarakat. 

Tantangan baru tersebut akan memberikan pengaruh yang besar terhadap tren dan perkembangan moda pendidikan pada masa depan (future education).

Prioritaskan pendidikan digital 

Pada konferensi pendidikan digital tersebut, PBB bersama negara-negara di seluruh dunia dan sejumlah organisasi internasional mengambil langkah aktif untuk memprioritaskan kemajuan pendidikan digital.

Konsep pendidikan digital menjadi jalur dan inisiatif penting dalam menanggapi tantangan dan mewujudkan masa depan yang lebih cerah. 

Baca juga: Jadi Doktor Pertama UT, Walikota Madiun Angkat Disertasi Kebijakan Smart City

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com