Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Prodi Akuntansi UT Gandeng AAEW untuk Cetak Future Sustainable Leader

Kompas.com - 20/10/2023, 21:36 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

 

 

KOMPAS.com - Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) adalah pembangunan yang bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup, serta pembangunan yang inklusif untuk menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

SDGs adalah isu penting dan merupakan salah satu fokus utama Asean Accounting Education Workgroup (AAEW) yang selalu dibahas menjadi topik untuk memecahkan masalah dalam isu-isu yang ada.

Untuk mengembangkan kepedulian para generasi muda dengan SDGs, Asean Accounting Education Workgroup (AAEW) mengadakan acara Kompetisi ASEAN Future Sustainable Leaders (A-FSL) 2023.

A-FSL 2023 adalah sebuah kompetisi video online dengan peserta kelompok pelajar dari sekolah dan perguruan tinggi, atau junior dan senior, akan berkompetisi dalam kategorinya masing-masing untuk menyampaikan ide yang akan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Baca juga: Seperti Ini Drone Ambulans Gagasan Inovasi Mahasiswa Itera

Dalam kompetisi tersebut, para peserta akan menyampaikan gagasan mereka tentang isu-isu multidisiplin soal SDGs Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

A-FSL 2023 merupakan produk kolaborasi antara Panitia Nasional A-FSL Indonesia dari berbagai universitas dan ASEAN Accounting Education Workgroup (AAEW).

Pada 2023, Universitas Terbuka (UT) melalui delegasi Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) berkontribusi sebagai panitia bersama untuk mendukung dan melaksanakan kegiatan tersebut.

Baca juga: Jamin Kualitas Akademik sebagai PTN-BH, FEB dan FHISIP UT Ajukan Akreditasi Internasional FIBAA

Kompetisi A-FSL 2023 dilaksanakan selama dua hari mulai dari Senin (9/10/2023) sampai Selasa (10/10/2023).DOK. Universitas Terbuka Kompetisi A-FSL 2023 dilaksanakan selama dua hari mulai dari Senin (9/10/2023) sampai Selasa (10/10/2023).

Adapun tuan rumah untuk regional Indonesia diamanatkan kepada Universitas Warmadewa (Unwar), Denpasar, Bali.

Kompetisi A-FSL 2023 dilaksanakan selama dua hari mulai dari Senin (9/10/2023) sampai Selasa (10/10/2023).

Selain kompetisi A-FSL, dilaksanakan juga pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan skala internasional untuk pendampingan dan program kerja ke depan dalam hal Mengembangkan Ekosistem Desa Adat Kedonganan, Bali, sebagai Destinasi Wisata Internasional.

Dilakukan pula penandatanganan nota kesepahaman untuk perjanjian kerja sama antara committee member baru menjadi anggota Asosiasi AAEW.

Baca juga: Asosiasi Pinjol Minta Biaya Pinjaman 0,4 Persen Tidak Turun

Sebagai informasi, pada hari pertama dan kedua acara dihadiri oleh seluruh panitia bersama para universitas committee member, baik secara luring maupun daring.

Adapun pihak yang hadir dalam kegiatan secara luring, yaitu Ketua Yayasan Kesejahteraan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Provinsi Bali Doktorandus (Drs) A A Gede Oka Wisnumurti, Rektor Unwar Profesor (Prof) Doktor (Dr) Insinyur (Ir) I Gde Suranaya Pandit, Dekan FEB Unwar Dr I Made Sara.

Kemudian, juga hadir Sekretaris AAEW Dr Sekar Mayangsari, Perwakilan Kantor Sekretariat AAEW Region Indonesia Dr M M Nanny Dewi Tanzil, Ketua Pelaksana A-FSL Region Indonesia Dr Meily Surianti, Wakil Dekan Bidang Akademik FEB Universitas Jember (Unej) Siti Maria Wardayati.

Turut hadir Dosen FEB Universitas Padjadjaran (Unpad) Saskia Salmana, Dosen Program Akuntansi FEB UT Sila Ninin Wisnantiasri, Dosen Program Akuntansi FEB UT Yudhi Prasetiyo, dan para undangan pimpinan beserta staf universitas committee member AAEW region Indonesia secara luring maupun daring.

Baca juga: Kabut Asap Selimuti Bangka Belitung, Sekolah Daring Dipersiapkan

Kompetisi A-FSL juga diikuti dari peserta kalangan siswa sekolah menengah atas (SMA) sampai perguruan tinggi.

DOK. Universitas Terbuka Kompetisi A-FSL juga diikuti dari peserta kalangan siswa sekolah menengah atas (SMA) sampai perguruan tinggi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com