Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Mahasiswa Magister UT Sukses Raih Gold Winner pada Ajang TALPI 2023

Kompas.com - 09/11/2023, 11:48 WIB
F Azzahra,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia mengatakan kompetisi poster bertaraf internasional, yakni Teaching and Learning Poster Ideas (TALPI) 2023 dengan tema "Toward Innovative Globa Trends in Education" pada 1 September-26 Oktober 2023.

Acara ini diikuti oleh pendidik dari berbagai level pendidikan di Asia dengan total 61 peserta dari kalangan guru, dosen, dan praktisi dengan beragam sub tema, mulai dari Digital and Technology in Teaching and Learning (T&L), Teaching Pedagogy, dan Educational Assesment and Evaluation.

Universitas Terbuka (UT) mengirimkan perwakilan dalam kompetisi tersebut sebagai upaya meningkatkan semangat kompetisi dan kolaborasi mahasiswa Magister Pendidikan Dasar (MPDr).

Adapun perwakilan yang dikirimkan yakni dari UT Serang, Sulastri, Anggun Islami, dan Fitria Winahyu yang akan dibimbing oleh Dosen MPDr Astri Dwi Jayanti.

Baca juga: Diikuti 764 Atlet, Universitas Terbuka Jambi Sukses Gelar UTSportainment 2023

Sebagai informasi, para perwakilan UT melakukan berbagai persiapan selama dua pekan melalui pertemuan daring dengan topik yang telah disepakati mengenai implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka. Adapun poster tersebut berjudul "STAR as A Strategy of P5".

Para perwakilan berupaya untuk membuat relasi antara Kurikulum Merdeka dengan nilai-nilai international baccalaurete (IB) dalam poster tersebut. Keduanya merupakan kurikulum berbasis karakter yang digunakan guna mempermudah pembaca dengan konsep atau istilah yang digunakan, mengingat nilai-nilai IB telah diakui oleh banyak sekolah dan universitas di dunia.

Selain itu, Tim MPDr UT juga memaparkan langkah serta best practice dari strategi STAR di masing-masing sekolah mahasiswa yang merulakan guru dan kepala sekolah di sekolah penggerak Serang.

Untuk diketahui, poster dan video tersebut berhasil diselesaikan dalam kurun waktu 2 pekan melalui kerja sama solid Tim MPDr UT. Kerja sama tersebut membuahkan hasil kemenangan Gold Winner dari TALPI 2023.

Baca juga: Universitas Terbuka Akan Buka 8 Prodi Baru S1 dan S2, Ada DKV

Sulastri mengaku bersyukur atas pencapaian tersebut dan mengapresiasi anggota Tim MPDr UT atas kerja sama dalam proyek ini.

"Terima kasih kepada UT Serang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk bergabung dalam kompetisi ini. Pencapaian ini adalah salah satu pengalaman yang luar biasa bagi kami," kata Sulastri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (9/11/2023).

Sementara itu, Ketua Program Studi MPDr Puryati mengatakan, pencapaian Tim MPDr dalam kompetisi ini merupakan sebuah kebanggaan bagi UT.

"Kami sangat bangga atas pencapaian Gold Winner pada kompetisi ini. Kami akan terus membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kompetisi, baik dalam skala nasional maupun internasional," pungkas Puryati.

Baca juga: Universitas Terbuka Sukses Gelar 3rd International Conference on Innovation in Open and Distance Learning

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com