Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor UNS Minta Pemilihan Rektor Harus "Fair Play"

Kompas.com - 02/01/2024, 17:55 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Jamal Wiwoho meminta pelaksanaan pemilihan rektor dan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) bisa berjalan fair play pada awal 2024.

Pemilihan rektor dan anggota MWA untuk 5 tahun ke depan merupakan tindak lanjut dari Permendikbudristek No. 24 Tahun 2023 tentang Penataan Peraturan Internal dan Organ di Lingkungan UNS.

Baca juga: Rektor Rina Minta Guru Besar Dorong Unpad Masuk Peringkat 500 Dunia

"Saya percaya bahwa pemimpin yang dihasilkan dari proses pemilihan yang fair play, demokratis, dan konstitusional akan menghasilkan pemimpin yang legitimate," kata dia dalam keterangan resminya, Selasa(2/1/2024).

Dia menyebut, persis seperti apa yang disampaikan Prof. Sunny Ummul Firdausi, bahwa pemimpin harus diperoleh atau dihasilkan berdasarkan konstitusi.

"Ketidaksempurnaan dan kecacatan hukum dalam proses pemilihan akan berimplikasi pada ketidakabsahan pemimpin yang dihasilkan," ucap dia.

Tak lupa, dia mengingatkan kembali masa depan bangsa dan UNS sepenuhnya berada di tangan semua sivitas akademika.

"Banyak torehan prestasi UNS yang telah digapai, seperti banyak pengakuan pemeringkatan dari luar negeri dari banyak lembaga pemeringkat," jelas dia.

Jika di tingkat dunia, peringkat UNS berangsur-angsur menempati posisi yang terhormat, maka di dalam negeri juga tidak kalah sukses banyak capaian yang diraih.

Baca juga: Bambang Pramujati Jadi Rektor ITS Periode 2024-2029

Dia sangat berharap berbagai prestasi dan reputasi UNS tersebut harus tetap dijaga keberlangsunganya.

"Jangan sampai euforia pemilihan pemimpin justru merusak citra dan reputasi kita yang sudah dengan susah payah kita peroleh selama ini," ungkapnya.

Oleh karena itu, dia ingin mengajak seluruh pimpinan dan sivitas akademika UNS untuk terus memperkuat sinergitas, menjaga kondusifitas, bersatu padu menjaga keutuhan, dan menciptakan harmoni kebersamaan dalam menghadapi perhelatan pemilihan pemimpin yang sebentar lagi akan dimulai.

Baca juga: Putri Wapres Maruf Amin Lepas Jabatan Wakil Rektor di Unesa

"Dari sini lah marwah dan kredibilitas civitas akademika kita diuji," pungkas Prof. Jamal Wiwoho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com