Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2024? Siswa SMA-SMK Simak Infonya

Kompas.com - 06/12/2023, 07:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kapan pendaftaran KIP Kuliah 2024 perlu diketahui calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi pada tahun ajaran 2024/2025 mendatang.

KIP Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar adalah program dari pemerintah diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK sederajat yang mengalami kesulitan finansial untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Adanya KIP Kuliah bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi dan mobilitas sosial bagi mahasiswa dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk berkuliah.

Baca juga: Skema Baru KIP Kuliah 2023: Tidak Semua Dapat Bantuan Biaya Hidup

KIP Kuliah dilengkapi dengan kebijakan baru terkait biaya pendidikan dan biaya hidup untuk mendorong calon mahasiswa dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk kuliah pada program studi unggulan di perguruan tinggi terbaik seluruh Indonesia.

Kapan pendaftaran KIP Kuliah 2024?

Mengacu pada pendaftaran KIP Kuliah 2023, pendaftaran KIP Kuliah dibuka sepanjang tahun seiring dengan pembukaan pendaftaran mahasiswa baru di semua jalur masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Calon mahasiswa yang akan mendaftar KIP Kuliah perlu memperhatikan perkiraan pendaftaran untuk tahun ajaran 2024/2025 dan tata cara pendaftaran.

Pendaftaran KIP Kuliah 2024 diawali dengan pendaftaran akun siswa KIP Kuliah yang dimulai bulan Februari hingga Desember tahun berjalan.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 Turki 2024: Tanpa LoA, Kuliah Gratis, Dapat Uang Saku

Selanjutnya, masa pendaftaran akan menyesuaikan dengan jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2024/2025.

Misalnya, calon mahasiswa yang akan mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) menggunakan KIP Kuliah, maka pendaftaran KIP Kuliahnya dibuka pada pertengahan Februari hingga akhir Februari.

 

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran 3 PTS di Jawa Timur, UMM hingga Ubaya

Bisa dapat biaya kuliah dan bantuan hidup

Pendaftar KIP Kuliah 2024 yang mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) maka pendaftaran dibuka pada bulan Maret hingga pertengahan April.

Calon mahasiswa yang mendaftar jalur mandiri di perguruan tinggi negeri maka pendaftaran KIP Kuliah 2024 dibuka bulan Juni hingga November.

Sedangkan calon mahasiswa yang mendaftar di seleksi mandiri perguruan tinggi swasta (PTS) maka pendaftaran KIP Kuliah dibuka Juni hingga Desember.

Calon mahasiswa yang berhasil menjadi mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024, akan mendapatkan bantuan berupa uang kuliah atau biaya hidup. Hanya, dalam skema baru KIP Kuliah 2023, meski semua penerima KIP Kuliah 2023 masih akan menerima manfaat biaya kuliah gratis, namun tidak semua menerima bantuan biaya hidup. Hal ini akan dilihat dari kemampuan masing-masing penerima KIP Kuliah.

Baca juga: Cara Mendapatkan KIP Kuliah 2024, Ini Prosedur yang Benar

Berikut besaran biaya hidup yang diterima mahasiswa pemegang KIP Kuliah dibagi ke dalam lima klaster daerah.

  • Klaster pertama sebesar Rp 800.000 per bulan
  • Klaster kedua sebesar Rp 950.000
  • Klaster ketiga sebesar Rp 1,1 juta
  • Daerah klaster keempat sebesar Rp 1.250.00
  • Klaster kelima sebesar Rp 1.400.000.

Cakupan biaya yang diberikan KIP Kuliah bagi mahasiswa yang berhasil lolos jadi penerima manfaat KIP Kuliah 2024 antara lain:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com