Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UINSI Samarinda Sudah Punya 7 Guru Besar

Kompas.com - 29/11/2023, 17:20 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag), Muhammad Ali Ramdhani kembali mengukuhkan dua guru besar Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda pada Selasa (28/11/2023).

Dengan demikian, jumlah guru besar di UINSI Samarinda menjadi sebanyak tujuh guru besar.

Adapun guru besar yang dilantik yaitu:

  • Prof. Abdul Majid yang membidangi Ulumul Hadis
  • Prof. Zamroni yang membidangi Manajemen Pendidikan Islam.

Baca juga: Tambah 42, UIN Jakarta Akan Punya 128 Guru Besar

Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, capaian guru besar ini harus disyukuri, salah satunya dengan cara meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didiknya.

"Ini patut disyukuri dan cara bersyukur seorang guru besar dengan menampilkan pelayanan lebih baik kepada mahasiswa kita untuk melakukan proses pelayanan akademik," kata dia dikutip dari laman Kemenag, Rabu (29/11/2023).

Pria yang akrab disapa Kang Dhani ini menegaskan, pencapaian gelar guru besar bukan akhir dari perjalanan karier akademik.

Seorang guru besar, sebut dia, diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang lebih optimal bagi kemajuan pendidikan, peradaban, dan menjadi problem solver bagi masyarakat.

Dia berpesan kepada kepada guru besar agar bijaksana dalam menjaga sikap serta memberi contoh yang baik kepada mahasiswa.

"Sebab apapun yang lahir dari lisan seorang profesor itu dipandang sebagai sebuah kebenaran dan hati-hati dalam bersikap, karena mahasiswa akan meneladani perilaku guru besar," ungkap Dhani.

Baca juga: Bertambah 1, Kini Ada 80 Perguruan Tinggi Berakreditasi Unggul BAN-PT

Rektor UINSI Samarinda, Prof. Zurqoni mengatakan, UINSI Samarinda dalam beberapa dekade terakhir lebih fokus pada pengembangan kelembagaan.

"Transformasi dari STAIN hingga UIN dan sekarang telah berkembang menjadi 29 program studi dan UINSI mulai fokus pada percepatan guru besar tahun 2019 hingga sekarang," terangnya.

Prof. Zurqoni menambahkan, saat ini masih ada tiga usulan guru besar di UINSI Samarinda yang masih dalam proses profiling.

Dia berharap dengan adanya pengukuhan guru besar ini dapat memacu semangat para dosen lainnya dalam meraih prestasi tertinggi akademik ini.

Baca juga: Tambah 2, Kini UII Sudah Punya 40 Guru Besar

"Mudah-mudahan pengukuhan guru besar ini dapat menginspirasi dan memotivasi kepada dosen-dosen lain untuk semakin mempercepat meraih gelar professornya," pungkas Prof. Zurqoni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com