Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unud Sudah Punya 222 Guru Besar Tetap dari Berbagai Fakultas

Kompas.com - 28/11/2023, 14:27 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Udayana (Unud) kembali mengukuhkan 11 guru besar tetap. Setelah sebelumnya mengukuhkan 18 guru besar pada bulan September 2023.

Dengan adanya penambahan 11 guru besar, maka Unud memiliki 222 guru besar Tetap dari berbagai fakultas.

Baca juga: Prof. Ngakan Putu Gede Suardana Resmi Dilantik Jadi Rektor Unud

Adapun 11 guru besar tetap Unud yang baru dikukuhkan adalah:

  • Prof. I Made Sarjana (Fakultas Hukum)
  • Prof. I Putu Gde Sukaatmadja (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
  • Prof. Bagus Komang Satriyasa (Fakultas Kedokteran)
  • Prof. Komang Januartha Putra Pinatih (Fakultas Kedokteran)
  • Prof. Ni Made Suryati (Fakultas Ilmu Budaya)
  • Prof. I Ketut Sudewa (Fakultas Ilmu Budaya)
  • Prof. Ni Nyoman Pujianiki (Fakulas Teknik)
  • Prof. Gde Made Swardhana (Fakultas Hukum)
  • Prof. I Gusti Lanang Oka Cakra (Fakultas Peternakan)
  • Prof. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti (Fakultas Teknik)
  • Prof. Ni Wayan Sri Ariyani (Fakultas Teknik)

Rektor Unud, Prof. Ngakan Putu Gede Suardana menyebut, saat ini Unud memiliki 518 orang Lektor dan 334 orang Lektor Kepala untuk kemudian nantinya akan didorong untuk menjadi guru besar. T

"Tinggal kita dorong sedikit saja mereka sudah bisa menjadi guru besar," kata dia dilansir dari laman Unud, Selasa (28/11/2023).

Dengan demikian, sebut dia, dalam kurun waktu 2 tahun peningkatan jumlah guru besar akan bertambah di Universitas Udayana.

Kepada seluruh guru besar yang dilantik, dia berharap untuk tidak berhenti dan tidak berpuas diri, tetapi harus selalu mengembangkan keilmuannya untuk bisa diimplementasikan ke dalam Tri Dharma perguruan tinggi.

Baca juga: Unila Kukuhkan 4 Guru Besar Baru

Dalam Tri Dharma perguruan tinggi ada pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

"Bagaimana mengintegrasikan ketiga Tri Dharma perguruan tinggi ini untuk bisa saling terintegrasi sedemikian rupa, sehingga menghasilkan pencapaian yang optimal, tidak hanya risetnya saja, tidak hanya pendidikan saja, pengabdian saja, akan tetapi harus ketiga-tiganya," jelas dia.

Dia juga berharap para guru besar mampu mengemban tugas dengan sebaik-baiknya, memiliki tanggung jawab besar untuk dapat menjadi teladan, mampu mengayomi serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang timbul di masyarakat melalui keilmuan yang dimiliki.

"Itu berguna memajukan bangsa dan negara, memberikan motivasi kepada para junior maupun rekan sejawat. Dengan meningkatnya jumlah SDM unggul, Universitas Udayana diharapkan makin meningkatkan daya saing di tingkat nasional maupun internasional," jelas Prof. Ngakan.

Baca juga: Unika Atma Jaya Punya 28 Guru Besar Tetap

Dia menambahkan, bertambahnya jumlah guru besar di lingkungan Unud diyakini juga dapat menunjang peningkatan kualitas proses pendidikan tinggi. Hal ini yang kemudian turut andil dalam mewujudkan visi Unud yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com