Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Resmi Buka Pimnas Ke-36, Diikuti 2.411 Peserta

Kompas.com - 27/11/2023, 14:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unpad

KOMPAS.com - Salah satu agenda tahunan yang ditunggu-tunggu mahasiswa ialah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Kali ini, Pimnas ke-36 digelar di Universitas Padjadjaran (Unpad).

Adapun Pimnas ke-36 resmi dibuka oleh Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemendikbud Ristek Tatang Muttaqin bersama Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, Kepala Badan Pengembangan Talenta Indonesia Asep Sukmayadi, dan Plt. Kepala Biro Kerja Sama Kemendikbud Ristek Anton Rahmadi di halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (27/11/2023).

Menurut Tatang, ada 106 perguruan tinggi yang hadir untuk merepresentasikan Indonesia dari ujung Aceh hingga Papua.

Baca juga: Ini 5 Besar Tim Terbanyak di Pimnas 2023, UGM Peringkat Pertama

"Ini merupakan bagian terpenting bagaimana seluruh daerah, seluruh universitas bisa terwakili dalam ajang di tingkat nasional," ujar Tatang, dikutip dari laman Unpad.

Tentu, peserta Pimnas ini adalah talenta terbaik Indonesia. Mahasiswa yang menjadi pemenang nanti diharapkan bisa terus meningkatkan prestasinya.

Tak hanya itu, Tatang juga menyampaikan bahwa semua peserta Pimnas yang hadir merupakan talenta-talenta terbaik, baik yang berhasil mendapatkan medali maupun yang tidak.

Tatang mengatakan bahwa nama semua peserta akan tercatat di dalam sistem informasi Manajemen Talenta Nasional.

"Karena ini hanya bagian awal, bukan terminal akhir untuk menjadi talenta riset dan inovasi," terang Tatang.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa ajang Pimnas ini bisa menjadi ajang persahabatan bagi semua mahasiswa peserta Pimnas.

Baca juga: Loloskan 29 Tim ke Pimnas 2023, Unhas Tempati Peringkat 4 Nasional

Rektor berharap agar mulai hari ini semua peserta Pimnas dapat menjalin persahabatan yang kuat antarpeserta.

"Kalau persahabatan kuat, karya ilmiah hebat, maka semua peserta itu akan menjadi SDM bertalenta dan pemimpin Indonesia unggul di masa depan," tutur Rektor.

Selain itu, Rektor juga berharap agar persahabatan yang terjalin dari ajang Pimnas ini tidak pernah berhenti hanya di sini, tetapi akan terus berlanjut.

Unpad sebagai tuan rumah pelaksanaan Pimnas ke-36 akan banyak belajar dari karya ilmiah yang dipamerkan dan dipresentasikan.

"Mudah-mudahan ini adalah hikmahnya baik bagi Unpad, karena Unpad di sini menjadi tuan rumah pertama dan kami mencoba berperilaku ramah, bersahabat, dan silakan menikmati kampus kami," jelas Rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Tahun 2023 Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita dr., SpM(K), M.Kes., Ph.D. mengatakan bahwa Pimnas ke-36 diikuti 525 kelompok PKM dari 106 perguruan tinggi termasuk Unpad.

Baca juga: Mahasiswa UNS Inovasi Mesin Pencuci Peragi Kedelai yang Hemat Biaya

Total mahasiswa yang hadir adalah 2.411 peserta dan juri berjumlah 77 orang.

"Ada sembilan skema yang akan dipertandingkan di PKM," kata Prof. Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com