Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampo Kucing dari Daun Asam Jawa Ini Hasil Inovasi Mahasiswa USK

Kompas.com - 24/11/2023, 11:35 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu hewan yang dekat dengan manusia ialah kucing. Tentu, kucing juga harus dijaga dan dirawat dengan baik.

Salah satunya dimandikan dengan sampo yang baik. Apalagi jika produk sampo yang digunakan juga aman bagi hewan tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K), menciptakan sampo kucing herbal anti jamur dan anti bakteri.

Adapun sampo itu terbuat dari bahan duan asam jawa. Jadi aman bagi kucing karena mengandung herbal.

Baca juga: Jadi Sejarah Baru, Ini Lulusan Doktor Pertama di FK USK

Dilansir dari laman USK, Rabu (22/11/2023), tim itu terdiri mahasiswa lintas prodi, yakni Ketua Tim, Hidayatus Sadri.

Dengan anggota, Lailatul Hasanah, Ririn Triyuliani, Safetri Yona, berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan, serta Aura Magfirah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tim itu dibimbing oleh Wahyu Eka Sari, S.Si., M.Si.

Menurut Sadri, inisiasi produk yang diberi nama Cat Tamarin ini, berawal dari maraknya masyarakat yang menjadi pecinta kucing atau cat lovers, khususnya di Kota Banda Aceh.

Umumnya, produk sampo yang dijual di pasaran sebagian besar berbahan baku kimia sehingga dapat memberikan beberapa efek samping terhadap kucing seperti alergi, iritasi, kerontokan bulu, dan kulit menjadi kering.

"Tim ini berdiskusi untuk membuat satu produk inovasi perawatan kucing yang menggunakan bahan alami. Dengan membaca berbagai literatur yang ada, serta tersedianya tanaman asam jawa di lingkungan kampus menjadi satu potensi yang bisa dimanfaatkan," jelas Sadri.

Dijelaskan, tanaman ini merupakan tanaman multifungsi, mulai dari batang hingga daunnya dapat dimanfaatkan dalam industri makanan, minuman, farmasi, hingga kerajinan.

Sedangkan, daunnya belum ada upaya pemanfaatan menjadi sesuatu yang bernilai guna. Padahal, ada beberapa kandungan senyawa bioaktif pada ekstrak daun asam jawa yang diketahui memiliki aktivitas antibakteri, antijamur, antiinflamasi, dan antioksidan.

"Sejauh ini belum pernah ditemukan produk komersial shampo kucing berbahan dasar asam jawa," terangnya.

Sementara itu, Aura menambahkan, komoditas produk yang diusulkan pada PKM-K ini merupakan hasil inisiatif mandiri yang bertujuan untuk membuka pangsa pasar produk sampo kucing berbahan dasar alami.

Aura menjelaskan keunggulan dari produk tersebut yaitu memanfaatkan potensi sumberdaya lokal berbahan alami ekstrak herbal daun asam jawa sebagai bahan utamanya.

Sehingga produk yang disajikan untuk perawatan hewan lebih aman digunakan dibandingkan dengan produk berbahan dasar kimia.

Baca juga: Di Wisuda USK Ada Lulusan dari Gambia dan Kenya

"Dengan adanya produk ini diharapkan dapat menjadi ide baru untuk membantu meningkatkan pertumbuhan usaha UMKM di masyarakat khususnya Kota Banda Aceh," jelas Aura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com