Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Wisuda USK Ada Lulusan dari Gambia dan Kenya

Kompas.com - 11/08/2023, 11:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 1.607 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) mengikuti acara Wisuda Sarjana, Pendidikan Profesi, Spesialis, Pascasarjana dan Diploma untuk periode Mei–Juli 2023, Rabu-Kamis (9-10/8/2023).

Menurut Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan dalam sambutannya, wisuda kali ini USK melaksanakannya dalam dua hari. Hari pertama USK 9 Agustus 2023, USK melepas 761 lulusan dan hari kedua melepas 850 lulusan.

Adapun dari 1.607 lulusan yang diwisuda tersebut, 567 di antaranya berhasil lulus dengan predikat pujian, atau cumlaude.

"Dengan prosesi wisuda hari ini, maka jumlah alumni Universitas Jantong Hatee Rakyat Aceh saat ini menjadi 152.144 orang," ujar rektor, dilansir dari laman USK.

Baca juga: Cara Mencegah Kanker Nasofaring, Info Klinik Pratama USK

Dikatakan, kemudahan teknologi saat ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berinovasi, dan menjemput karier dengan berbagai kreativitas digital.

Karenanya ia berpesan kepada wisudawan untuk terus mengasah diri dan meningkatkan kompetensinya.

"Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang telah saudara miliki sekarang, teruslah melanjutkan studi, belajar hal-hal baru dari berbagai sumber," pesan Rektor USK.

Di sisi lain, para lulusan perguruan tinggi juga dituntut untuk mengubah pola pikir dari konservatif menuju pola pikir yang kreatif dan inovatif.

Tentunya, USK berupaya mengubah mindset mahasiswa dan alumni, dari tujuan mereka sebagai pencari kerja, menjadi pencipta lapangan kerja baru.

Baca juga: 6 Prodi USK Raih Akreditasi Internasional dari ASIIN

Salah satu upaya USK ialah melalui program 1.000 Wirausaha Muda USK yang telah diluncurkan pada Maret lalu. Sedang pada Juni, kampus ini juga telah meluncurkan Program Wirausaha Merdeka (WMK).

Sejumlah kolaborasi telah USK lakukan, dengan berbagai pihak untuk mendukung program ini.

"Semua yang kita lakukan ini, merupakan ikhtiar USK untuk mendorong kemandirian bagi mahasiswanya maupun setelah mereka lulus," jelasnya.

Pada prosesi wisuda hari pertama tersebut, ada dua mahasiswa asing dari negara Afrika yang turut diwisuda. Yakni Edward Nicholas dari Gambia, dan Filiberto Milia Mayiani dari Kenya.

Keduanya menyandang gelar Sarjana Ekonomi (SE) setelah menyelesaikan studi di Prodi Internasional Ekonomi Pembangunan maupaun Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK.

"Hari istimewa dalam hidup saya. Sebuah perjalanan hidup yang menakjubkan. Lewat pendidikan saya bisa tiba di Aceh, Indonesia, dan menjadi sarjana di USK," kata Edward Nicholas.

Sedangkan wisuda hari kedua, mahasiswa dari Fakultas Teknik USK, Mariamma Badjie asal Gambia juga turut diwisuda dengan memperoleh gelar Sarjana Teknik (S.T).

Mariamma telah menyelesaikan studinya pada Prodi Teknik Sipil. Sebelumnya, USK juga telah meluluskan 10 mahasiswa asing dengan predikat cumlaude.

Baca juga: 3 Peneliti USK Garap Film My Love Aceh yang Ada Unsur Edukasinya

Kini, sekitar 80 mahasiswa asing masih menjalankan studinya di USK. Keberadaan mahasiswa asing tersebut setidaknya menunjukkan USK telah meluaskan kiprahnya, baik di tingkat nasional hingga dunia internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com