Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Sejarah Baru, Ini Lulusan Doktor Pertama di FK USK

Kompas.com - 22/08/2023, 16:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dr. dr. Wahyu Lestari, Sp.KK., menjadi orang pertama yang lulus dari Prodi S3 Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK).

Tentu hal ini menjadi sejarah baru bagi USK lantaran keberhasilannya dalam meluluskan doktor untuk pertama kalinya di FK USK.

Adapun sidang promosi Doktor ini dipimpin langsung oleh Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan pada 21 Agustus 2023.

Wahyu yang merupakan staff pengajar di FK USK ini menyelesaikan pendidikan S3 selama tiga tahun, dengan judul disertasi: Pengaruh Ekstrak Topikal Cascara Pulp Kopi Arabika Gayo (Coffea Arabica) sebagai Antioksidan Topikal dalam Photoaging.

Baca juga: USK Turunkan Biaya Kuliah UKTB hingga 31 Persen bagi Mahasiswa Baru

"Kami mendorong agar penelitian promovendus ini dapat segera dipatenkan, dan juga menjadi produk inovasi yang bisa dinikmati masyarakat," ujar Rektor, seperti dilansir dari laman USK.

Sementara Dekan FK Prof Dr. dr. Maimun Syukri Sp,PD., KGH., Finasim., mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh dr. Wahyu Lestari.

Sebab, secara komprehensif disertasinya berdampak dari hulu ke hilir pada pergerakan ekonomi, khususnya bagi para petani kopi.

"Ini juga akan menjadi inovasi baru yang bisa dikembangkan terus di Aceh, Indonesia, hingga ke tingkat global dalam konteks industrial," terang Prof. Maimun.

Adapun FK adalah salah satu fakultas yang berkembang pesat di USK. Fakultas yang berdiri sejak tahun 1982, sudah berusia 41 tahun.

Hingga kini, USK telah memiliki hampir 4.000 lulusan yang menyebar di seluruh Indonesia dan mancanegara.

“Saat ini FK USK memiliki 22 program studi, salah satunya adalah program studi S3. Prodi yang dimulai sejak 2019,” beber Dekan FK.

Baca juga: Di Wisuda USK Ada Lulusan dari Gambia dan Kenya

Disertasi Dr. Wahyu disambut baik oleh Direktur Bisnis USK, DR. Syaifullah ST. Ia berjanji akan membantu mengembangkan hingga menjadi produk yang sesuai dengan beberapa produk di unit bisnis USK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com