Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Pemajuan Desa, Kemendikbudristek Gelar "Festival Panen Kopi Gayo 2023"

Kompas.com - 26/11/2023, 19:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kemendikbudristek melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Pemajuan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan menggelar Festival Panen Kopi Gayo 2023.

Festival Panen Kopi Gayo tahun ini berlangsung di Desa Paya Tunpi Baru, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Jumat (24/11/2023). Desa ini merupakan desa Pemajuan Kebudayaan dan menjadi titik terakhir dihelatnya Festival Panen Kopi Gayo 2023.

Sebelumnya, Festival Panen Kopi Gayo 2023 berlangsung meriah di Dataran Tinggi Gayo yang digelar di tiga desa dan dua kecamatan di Aceh Tengah. Pertama di Desa Kelitu Kecamatan Bintang pinggir Danau Lut Tawar pada 11-12 November.

Kapokja Ketahanan Budaya, Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Syukur Asih Suprojo menjelaskan Desa Paya Tumpi Baru merupakan salah satu desa dari 230 desa yang masuk dalam program Pemajuan Kebudayaan Desa yang diinisiasi sejak tahun 2021.

“Tahun ini memasuki tahun ketiga, tahap pemanfaatan potensi budaya desa. Tahap pemanfaatan bertujuan meningkatkan ketananan budaya, kolaborasi antar budaya, dan kesejahteraan masyarakat desa," jelas Syukur..

Syukur menambahkan, Desa Tumpi Baru menjadi contoh desa yang berhasil memberdayakan masyarakat desa dengan potensi sumber daya yang dimiliki dan menjalin kolaborasi dengan Desa-desa lain di sekitarnya.

Kegiatan festival ini juga diharapkan dapat menjadi ajang pemasaran kopi, seni, dan budaya.

"Selain untuk mengenalkan kopi sebagai komoditas andalan setempat, festival juga mengenalkan budaya masyarakat Gayo yang tinggal di beberapa kabupaten di kawasan Dataran Tinggi Gayo," jelas Syukur.

Baca juga: Sajikan Budaya Kopi Nusantara di YoC 2023, Kemendikbudristek: Kopi Indonesia Sarat Nilai Tradisi

"Festival Panen Kopi Gayo adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat sebagai wahana ekselerasi pemajuan kebudayaan di kawasan Kabupaten Aceh Tengah. Festival ini telah diselenggarakan sebanyak 4 kali sejak tahun 2017, kali ini adalah penyelenggaraan ke 5 kalinya di Dataran Tinggi Tanah Gayo Takengon Kabupaten Aceh Tengah," jelas Syukur.

Tak hanya pengenalan Kopi Gayo, suguhan pertunjukan kesenian, baik tradisional maupun modern, ritual tradisi, atraksi kopi, workshop kebun dan kopi, pasar kopi, kuliner, permainan tradisional dan pagelaran Jazz Panen Kopi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com