Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chintya, Lulusan "Cumlaude" Undip yang Raih Banyak Prestasi

Kompas.com - 22/11/2023, 17:01 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini, mahasiswa tidak hanya sekedar kuliah atau dapat ilmu dari bangku kampus saja. Tapi juga harus berprestasi.

Apalagi jika bisa lulus dengan predikat cumlaude atau IPK tinggi, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa tersebut.

Hal ini yang diraih oleh lulusan S1 Prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro (Undip), Chintya Angesty.

Jadi, dia lulus dari Undip dengan IPK 3,70 serta berhasil meraih banyak prestasi selama menjadi mahasiswa Undip.

Baca juga: Mau Resign Mendadak? Simak 7 Caranya yang Santun

Tak hanya fokus dalam memahami materi perkuliahan saka, Chintya juga aktif mengikuti organisasi, perlombaan, dan menjadi editor novel di penerbit Indie.

Dengan motto hidup “Bergerak Terus Pasti Sampai”, Chintya berhasil menjadi wisudawan dengan gelar Cumlaude dan beberapa prestasi.

Seperti juara 1 dan pembicara terbaik dalam perlombaan debat Bahasa dan Sastra Indonesia tingkat Nasional tahun 2020, Runner-Up 1 Puteri Pemberdayaan Perempuan Indonesia mewakili Jawa Tengah tahun 2022 dan masih banyak lagi.

Tentu, dia merasa sangat beruntung karena bisa kulah di Undip. Dia mengatakan, selama kuliah di Undip merasa bisa mendapatkan lebih banyak oportunity dalam mengembangkan diri.

Prestasi-prestasi yang diraih oleh Chintya tidak luput dari dukungan banyak pihak, terutama Universitas Diponegoro.

"Dukungan yang aku terima dari Undip sangat banyak, baik secara moral dan materiil, aku didanai saat perlombaan dan diapresiasi setelahnya," ujarnya dilansir dari laman Undip, Selasa (21/11/2023).

Tidak hanya itu saja, atas dasar prestasi dan keseriusannya dalam menjalankan perkuliahan, pihak Universitas Diponegoro memberikan Chintya kesempatan menjadi mahasiswa fast track.

Tentunya di Program Studi Magister Ilmu Susastra untuk membantu Chintya melebarkan sayap dalam dunia kesusastraan.

Tapi bagi dia, kelulusan adalah sebuah awal baru dalam menghadapi dunia nyata.

"Kelulusan mengajarkanku bahwa sesulit apapun jalan di depanku, akan selalu ada cara untuk melaluinya dan bernapas lega untuk kemudian memulai tantangan baru," kata dia.

Baca juga: Lulusan FH Undip Ini Bisa Raih IPK Cumlaude meski Banyak Kegiatan

Sebagai salah satu wisudawan berprestasi, ia memberi pesan bahwa meraih prestasi menjadi tanggung jawab kita dalam hidup, yakni memberikan yang terbaik untuk diri kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com