Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UGM Temukan Khasiat Cabai Jawa Jadi Minuman Penderita DM

Kompas.com - 20/11/2023, 09:11 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Salah satu rempah yakni cabai jawa ternyata juga punya khasiat untuk kesehatan.

Oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menemukan khasiat neuroprotektif dari kombucha cabai jawa sebagai minuman fungsional.

Tentunya bagi penderita Diabetes Melitus (DM) dengan risiko komplikasi Alzheimer’s Disease (AD).

Dilansir dari laman FKKMK UGM, Kamis (16/11/2023), penelitian ini diketuai oleh Eri Dwi Suyanti dengan melibatkan rekan-rekannya, yaitu Salma Mutiara Tsani, Fithratun Nastiti, Wafiq Hanifah, dan Marcellino Maatita.

Baca juga: Di Kompetisi Mobil Listrik Indonesia, Tim UGM Raih Juara Umum

Para peneliti berasal dari lintas jurusan di UGM, meliputi kedokteran, biologi, dan farmasi, yang berkolaborasi untuk mengungkap khasiat kombucha cabai jawa dalam bidang kedokteran.

Adapun penelitian ini dilaksanakan di bawah dampingan dosen dr. Arta Farmawati, Ph.D.

Selain itu, penelitian yang bertema cabai jawa ini diajukan dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Riset Eksakta (PKM-RE).

Penelitian itu telah berhasil memperoleh dukungan pendanaan untuk kelangsungan penelitian secara keseluruhan mulai dari pengurusan ethical clearance, hingga pembiayaan eksperimen.

Dukungan diperoleh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Salah satu tim peneliti, Marcellino Maatita menjelaskan, DM Tipe 2 (DMT2) dan AD merupakan penyakit dengan prevalensi yang meningkat seiring bertambahnya usia.

Diprediksi penderita AD di Indonesia pada tahun 2050 menjadi 3.999.285 orang. "Sayangnya, terapi pengidap DMT2 terkini menimbulkan efek samping gangguan gastrointestinal seperti mual dan muntah," ujarnya.

Sedangkan cabai jawa mengandung senyawa bioaktif piperin yang memiliki efek antidiabetes, dan dapat dikembangkan dalam bentuk minuman fungsional kombucha.

Kombucha sendiri merupakan minuman fermentasi yang memiliki efek antihiperglikemik.

Dari hasil penelitian itu diungkap bahwa senyawa bioaktif kombucha cabai jawa menunjukkan khasiatnya yang bernilai tinggi.

Kombucha cabai jawa dapat memberikan khasiat neuroprotektif dengan menghambat suatu aktivitas enzim penyebab AD pada penderita DMT2.

Selain itu, uji pada hewan coba membuktikan bahwa kombucha cabai jawa mampu mempertahankan memori spasial tikus hewan coba.

Baca juga: Ini 5 Besar Tim Terbanyak di Pimnas 2023, UGM Peringkat Pertama

Tentunya, penelitian ini membawa harapan baru dalam pengobatan AD melalui manfaat kekayaan alam Indonesia.

"Besar harapan peneliti, pengetahuan ini dapat dilanjutkan ke fase uji klinis hingga suatu saat kelak, penelitian ini dapat secara aktif memberikan proteksi bagi penderita DMT2 dengan risiko komplikasi AD," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com