Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan FH Undip Ini Bisa Raih IPK "Cumlaude" meski Banyak Kegiatan

Kompas.com - 21/11/2023, 09:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip) Muhammad Valdi ini bisa lulus dengan IPK cumlaude, yakni 3,67.

Padahal, Valdi aktif di berbagai kegiatan dalam kampus maupun luar kampus. Meski demikian, dia bisa lulus tepat waktu.

Dilansir dari laman Undip, Senin (20/11/2023), ia aktif ikut organisasi seperti Kelompok Riset dan Debat, Himpunan Mahasiswa Islam, dan Pusat Studi Hukum Ekonomi Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Selain itu, ia juga aktif mengikuti perlombaan di bidang hukum bisnis tingkat nasional, seperti Legal Opinion Competition, Contract Drafting and Negotiation Competition, Paper Presentation Competition, dan Arbitration Moot Court Competition, serta Debat Hukum dan Peradilan Semu.

Baca juga: Biaya Kuliah Dokter Spesialis di Undip, Ada SPP dan SPI

Tak berhenti di situ saja, Valdi juga aktif menekuni hobi olahraga Muay Thai dan Brazilian Jiu-Jitsu.

Ia mengikuti lomba Debat Internal di Diponegoro Law Fair meraih posisi Finalis, kemudian dilanjutkan dengan mengikuti perlombaan Internal Moot Court Competition sebagai Juara 2 pada tahun 2019.

Serta beberapa lomba hukum tingkat nasional sejak 2020 hingga lulus pada tahun 2023. Tentu, ada banyak prestasi yang sudah dia raih.

"Pengalaman selama kuliah di FH Undip tentunya sangat berkesan bagi saya. Mengingat, saya sendiri merupakan alumni gapyear sebelum akhirnya menjadi mahasiswa Fakultas Hukum Undip pada tahun 2019," ujarnya.

Tentu, menjadi bagian dari keluarga besar Fakultas Hukum Undip merupakan kebanggaan tersendiri baginya.

Ia mengatakan, sarana dan prasarana, organisasi, alumni, mahasiswa, serta segenap pejabat beserta jajarannya yang berada di Fakultas Hukum sangat terbuka.

Selain itu, memberikan dukungan seluas-luasnya pada minat dan bakat mahasiswa dalam mengeksplorasi diri untuk mengikuti perlombaan, baik akademis maupun non-akademis.

Baca juga: Mahasiswa UGM Mengkaji Pengaruh Weton pada Capaian Prestasi Akademik

Sedangkan untuk jaringan alumni Fakultas Hukum Undip yang tersebar di berbagai instansi yang sangat suportif dan menaruh perhatian kepada junior-juniornya tentunya sangat memudahkannya dengan tim saat melakukan riset hukum.

Terkait dengan perlombaan yang mereka ikuti secara khusus dan membantunya dalam mengetahui seluk-beluk berbagai profesi hukum secara komprehensif yang berguna untuk dapat menentukan dan meraih cita-cita berprofesi sebagai corporate lawyer secara umum.

"Bagi saya, pendidikan dan organisasi merupakan satu kesatuan yang penting untuk setiap mahasiswa di mana pun berada. Pendidikan memberikan kita kemampuan berpikir dan analisis yang lebih komprehensif dalam ‘membaca’ dan menjawab permasalahan yang ada serta adaptif dalam mengikuti perkembangan zaman," terangnya.

"Organisasi merupakan wadah yang sangat baik bagi mahasiswa dalam mempelajari dan melatih hard skill dan soft skill serta untuk mengembangkan potensi, minat, dan bakat yang dimiliki," imbuh dia.

Ia juga mengatakan bahwa prestasi dan pencapaian itu selain merupakan hasil kerja keras tim dan doa restu orangtua, tentunya tidak terlepas dari bantuan dari seluruh dosen-dosen, researcher, alumni, serta senior-senior dan pihak-pihak lainnya.

"Tentunya pengalaman berkesan tersebut tidak akan bisa saya dapatkan apabila tidak mengikuti organisasi. Oleh karena itu, kepada Dipo Muda secara umum serta generasi penerus Fakultas Hukum Undip secara khusus, jangan ragu ataupun takut untuk mengikuti berbagai organisasi dan perlombaan yang ada," kata dia.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Prestasi Akademik Anak

"Karena, sebagaimana yang dikatakan Helen Hayes, ‘The expert at anything was once a beginner’. Jangan ragu untuk memulai langkah pertama dalam memperjuangkan apa pun. Yakinkan dengan iman, usahakan dengan ilmu dan sampaikan dengan amal," pungkas Valdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com