Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OPSI 2023 Jadi Wadah Pengembangan Prestasi Siswa Sejak Dini

Kompas.com - 10/11/2023, 14:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat pandemi Covid-19, Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) digelar secara daring. Kini, OPSI 2023 dihelat secara luring.

Adapun OPSI yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) ini digelar di Jakarta pada 6-11 November 2023.

Dilansir dari laman Puspresnas, Rabu (8/11/2023), OPSI merupakan salah satu ajang talenta yang dilaksanakan oleh Kemendikbud Ristek bagi peserta didik SMP/MTs dan SMA/MA sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian siswa yang mandiri dan tangguh.

Dengan kegiatan penelitian itu dinilai dapat meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri.

Baca juga: Bagaimana Sejarah Singkat Hari Pahlawan? Siswa Harus Tahu

Serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah.

Bagun kompetensi generasi muda

Menurut Kepala Puspresnas Maria Veronica Irene Herdjiono, OPSI merupakan salah satu agenda ajang talenta yang sangat strategis dalam membangun kompetensi generasi muda.

Hal tersebut terlihat dalam tiga hal, yakni:

1. OPSI adalah perwujudan nyata dari Implementasi Merdeka Belajar yang sangat mengandalkan proses pembelajaran project-based learning.

"Karya adik-adik semua yang terpilih, saya yakin adalah hasil dari proses pembelajaran yang memperkuat daya kritis-analitis dan sekaligus belajar untuk peduli terhadap persoalan yang ada di lingkungan terdekat dan mencari solusinya secara ilmiah," ungkap Maria Veronica saat membuka OPSI 2023 di Universitas Tarumanagara, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

2. OPSI adalah instrumen katalisator penting untuk mengidentifikasi potensi talenta di bidang riset dan inovasi yang telah menjadi bagian dari grand design Manajemen Talenta Nasional (MTN) bagi peserta didik.

"Suatu saat saya yakin di antara kalian ada yang akan menjadi pembaharu, inventor masa depan Indonesia, bahkan menjadi peraih nobel," imbuhnya.

3. OPSI juga menjadi ajang untuk memperkuat karakter Pelajar Pancasila yang cerdas, tangguh, dan cinta tanah air.

Baca juga: Ini Peran Indonesia di PBB yang Harus Diketahui Siswa

Maria Veronica berharap dengan OPSI talenta-talenta pilihan dari seluruh Indonesia dapat dipertemukan dan berkesempatan untuk saling mengenal, saling menghargai prestasi dan menjalin persahabatan dan belajar membangun kolaborasi.

Diikuti 6.643 tim

Sedangkan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Asep Sukmayadi, melaporkan bahwa peserta OPSI 2023 berasal dari peserta didik jenjang SMP dan SMA.

Adapun para peserta yang akan berkompetisi pada tingkat nasional ini sudah melalui seleksi proposal dan seleksi naskah penelitian.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com