Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Pemenang KMHE 2023, Banyak PTS Tak Mau Kalah

Kompas.com - 04/11/2023, 08:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023 di Area Carnaval Ancol, 28 Oktober - 3 November telah selesai digelar.

Adapun kontes ini telah berhasil mendorong inovasi dan semangat kompetisi mahasiswa Indonesia dalam bidang teknologi otomotif hemat energi dan berkelanjutan.

KMHE sendiri digelar oleh Kemendikbud Ristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

Menurut Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek, Sri Suning Kusumawardani, KMHE merupakan sarana untuk berkarya bagi mahasiswa dalam menumbuhkan potensi dan kreativitas.

Baca juga: Ikut Shell Eco-Marathon 2023, Mobil Hemat Energi ITS Juara 3 Dunia

Selain itu juga mendorong kolaborasi dalam dan antar perguruan tinggi, serta mengaplikasikan ilmu pengetahuan di bidang teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"KMHE memiliki peran penting dalam mempersiapkan talenta mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan inovasi masa depan yang seperti kita saksikan sudah ada tepat di depan mata kita semua," ujarnya, dilansir dari laman Kemendikbud Ristek, Jumat (3/11/2023).

Tentu ia juga berharap agar KMHE ini mampu memunculkan inventor-inventor yang berdampak besar di berbagai bidang, seperti industri otomotif, transportasi, industri energi fosil dan energi terbarukan.

Sementara Kepala BPTI Kemendikbud Ristek, Asep Sukmayadi menjelaskan, KMHE 2023 ini memiliki hal spesial dan berbeda dari KMHE tahun-tahun sebelumnya.

Pada sesi Eco Fun Race di hari terakhir, telah diujicobakan penggunaan dua jenis bahan bakar nabati ramah lingkungan, yaitu Biodiesel dan Bensin Sawit (BenSa).

Biodiesel yang saat ini digunakan memiliki angka setana mencapai lebih dari 60, sedangkan BenSa memiliki angka oktana yang mencapai 102.

Pada pelaksanaan KMHE mendatang, pihaknya merencanakan agar penggunaan jenis bahan bakar nabati akan terus dilanjutkan dan dikembangkan.

Baca juga: Mobil Hemat Energi ITS Juara 1 di SEM 2023, Bakal Maju di DWC India

"Tentu sebagai bentuk komitmen BPTI untuk terus berusaha menyelaraskan pelaksanaan ajang talenta yang ada dengan perkembangan teknologi yang lebih solutif dan sesuai dengan semangat perbaikan lingkungan global secara menyeluruh," jelasnya.

Pada KMHE 2023 ini, banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang juga meraih juara. Meski masih didominasi pemenang dari PTN.

Daftar pemenang KMHE 2023

Kategori Prototype untuk kelas mesin pembakaran dalam Gasoline:

  1. Nakoela Honda UI Team dari Universitas Indonesia
  2. Bengawan Team 1 dari Universitas Sebelas Maret
  3. Selembayung I dari Universitas Riau

Kelas mesin pembakaran dalam Diesel:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com