Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Hemat Energi ITS Siap Mengaspal di Shell Eco Marathon 2023

Kompas.com - 04/07/2023, 12:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tim mobil hemat energi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yakni tim Antasena siap mengikuti ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2023 di sirkuit Mandalika NTB, 4-9 Juli 2023.

Adapun Shell Eco Marathon merupakan ajang tahunan yang menantang para pesertanya untuk berkompetisi pada bidang Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) dan berinovasi dalam optimasi energi pada kendaraan.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, di ajang internasional ini Tim Antasena ITS juga akan bertanding dengan tim dari berbagai negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Menurut General Manager (GM) Tim Antasena ITS, Ghani Aqiilah, pada tahun ini timnya mengikuti beberapa kompetisi seperti Autonomous Programming Competition, Off-Track Award, dan On-Track Award.

Baca juga: Mau Kuliah ITS? Ini 3 Jalur Seleksi Mandiri 2023

Sedang di kategori Off-Track Award, Tim Antasena ITS akan mengikuti beberapa subtema seperti Simulate to Innovate, Carbon Footprint Reduction, dan Data Telemetry.

Untuk On-Track Competition pada kategori Hydrogen Fuel Cell Prototype, tim ini bakal menurunkan mobil generasi ke-8 yakni Antasena Alpha.

Mobil ini didesain menggunakan roda tiga dengan bentuk badan yang aerodinamis serta material konstruksi yang ringan.

"Material carbon fiber digunakan agar mobil memiliki kekuatan konstruksi yang memadai sekaligus mampu menampung banyak komponen," ujarnya dikutip dari laman ITS, Senin (3/7/2023).

Dijelaskan, sejak Oktober 2022 tim ini telah melakukan berbagai pengembangan untuk meningkatkan performa mobil ketimbang tahun sebelumnya.

Beberapa aspek seperti pada power train, permesinan, dan sistem transmisi tidak luput dari pandangan tim yang dibimbing oleh Sutarsis, ST., MSc., PhD., ini.

"Evaluasi, riset, dan test drive merupakan tahapan yang terus dilakukan agar mobil ini memiliki nilai efisien yang terbaik," jelasnya.

Untuk tingkat efisiensinya, mobil ramah lingkungan ini ditargetkan mampu menempuh jarak 500 kilometer per meter kubik penggunaan bahan bakar hidrogen.

Nilai yang disasar tersebut jauh melebihi performa mobil Antasena Alpha pada tahun lalu hingga dua kali lipat.

Baca juga: Psikolog ITS: Ada 3 Cara Menghadapi Kecemasan Berlebihan

"Jika tercapai, ini akan memvalidasi inovasi dan riset yang dilakukan untuk mengembangkan keseluruhan sistem pada mobil ini," jelas mahasiswa Departemen Teknik Material dan Metalurgi ITS ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com