Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Kuliah ITS? Ini 3 Jalur Seleksi Mandiri 2023

Kompas.com - 07/06/2023, 20:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) saat ini mulai membuka pendaftaran melalui jalur Seleksi Mandiri 2023.

Pada jalur Seleksi Mandiri yang diadakan ITS ini terdapat tiga jenis jalur, yakni kemitraan, umum, dan prestasi untuk program sarjana regular (S1) maupun sarjana terapan (D4).

Menurut Kepala Subdirektorat Admisi ITS Dr. Eng. Unggul Wasiwitono, ST., MEngSc., seleksi Mandiri merupakan satu dari tiga seleksi penerimaan program reguler yang dihadirkan oleh ITS.

Adapun dengan pembobotan 50 persen dari total penerimaan. Tujuan dari seleksi ini sebagai jembatan antara calon mahasiswa baru dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ITS selain melalui jalur SNBP dan SNBT.

Baca juga: Psikolog ITS: Ada 3 Cara Menghadapi Kecemasan Berlebihan

Bagi pendaftar seleksi Mandiri jalur kemitraan dan umum diharuskan mengikuti lebih dulu Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang diadakan oleh ITS.

Sedangkan, bagi pendaftar jalur prestasi, seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik atau non-akademik.

Unggul menjelaskan, untuk TKA terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) dengan waktu pengerjaan masing-masing subtes adalah 90 menit. Untuk pelaksanaannya sendiri akan dilakukan secara online (daring).

"Oleh karena itu, perlu disiapkan PC (personal computer) atau laptop yang dilengkapi dengan webcam, software berupa zoom meeting, dan internet dengan kecepatan lebih dari 5 Mbps," ujarnya dikutip dari laman ITS, Selasa (6/6/2023).

Ia juga mengatakan pendaftaran seleksi Mandiri berlaku untuk kedelapan fakultas yang ada di ITS, meliputi:

  1. Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD/SCIENTICS)
  2. Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS/INDYSIS)
  3. Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian (FTSPK/CIVPLAN)
  4. Fakultas Teknologi Kelautan (FTK/MARTECH)
  5. Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC/ELECTICS)
  6. Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD/CREABIZ)
  7. Fakultas Vokasi (FV/VOCATION)
  8. Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK/MEDICS)

Baca juga: Ini Desain Jembatan Mitigasi Bencana Inovasi Mahasiswa ITS, Simak Keunggulannya

Sedang di 8 fakultas itu ada 41 departemen yang tersedia untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 ini.

"Sebelum mendaftar jalur seleksi Mandiri ini, para pendaftar juga diwajibkan untuk membuat akun MyITS Admission terlebih dahulu," imbuh dosen Departemen Teknik Mesin ini.

Adapun cara membuat akun MyITS Admission ialah:

1. Para pendaftar diminta untuk membuka laman https://admission.its.ac.id/, kemudian melakukan registrasi dengan memasukan data diri.

2. Selanjutnya para pendaftar diminta untuk mengunggah sejumlah berkas yang diperlukan, salah satunya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Terakhir, setelah melakukan registrasi, para pendaftar bisa langsung kembali ke beranda laman untuk kemudian memilih jalur seleksi yang ingin diikuti.

Untuk saat ini sudah dibuka seleksi Mandiri jalur kemitraan dan umum, yakni pada 5–25 Juni 2023. Sedangkan TKA akan dilaksanakan pada 1–2 Juli 2023, dan bakal diumumkan hasilnya pada 6 Juli 2023.

Baca juga: Inovasi Mahasiswa ITS, Limbah Plastik Jadi Bahan Bakar Diesel

"Namun, tidak menutup kemungkinan pelaksanaan TKA akan diperpanjang jika terdapat kuota berlebih," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com