Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekeluarga Kompak Jadi Dokter, Ini Cerita Aliya Wisudawan UM Surabaya

Kompas.com - 30/10/2023, 15:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, peribahasa ini mungkin cocok menggambarkan salah satu wisudawan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya).

Alifia Mazaya Aliya Nugroho berhasil menyelesaikan studi Pendidikan Dokter di UM Surabaya. Tak hanya dia, ternyata semua anggota keluarganya juga berprofesi menjadi dokter.

Ayahnya, Dadang Baskoro Nugroho adalah seorang dokter spesialis penyakit dalam. Ibunya, Indah Jelita Husain adalah seorang dokter spesialis penyakit mata.

Sedangkan adik dari Aliya juga saat ini tengah mengejar pendidikan Kedokteran. Alifia Mazaya Aliya Nugroho sendiri merupakan mahasiswa Kedokteran UM Surabaya angkatan 2019.

Baca juga: Dibuka 13 November, Cek Jurusan dan Biaya Kuliah S2 di Unsoed

Ingin jadi dokter karena keinginan diri sendiri

Aliya mengatakan, ketertarikannya pada dunia kesehatan, terutama pada anatomi tubuh manusia sudah muncul sejak masa Sekolah Dasar (SD). Ia cenderung lebih tertarik pada aspek-anatomi manusia daripada dalam urusan perhitungan.

"Keputusan saya untuk mengejar studi kedokteran adalah murni berasal dari keinginan diri sendiri. Tanpa adanya tekanan atau paksaan dari orangtua," terang Aliya seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Senin (30/10/2023).

Dia menjelaskan, selama menempuh studi di Fakultas Kedokteran UM Surabaya terkadang dia merasa butuh dukungan dan kehadiran secara fisik kedua orangtuanya.

Namun Aliya harus menerima kenyataan bahwa ada batasan jarak Surabaya-Manado selama dia menempuh Pendidikan Kedokteran di UM Surabaya.

Namun hal itu tidak menyurutkan semangat untuk menyelesaikan S1 Kedokteran di UM Surabaya.

Baca juga: Universitas Terbuka Akan Buka 8 Prodi Baru S1 dan S2, Ada DKV

Ikuti konferensi nasional dan internasional

Menurut Aliya, pencapaian yang telah diraih hingga saat ini adalah hasil dari ketekunan dan didikan yang diberikan oleh orangtuanya.

Orangtua Aliya selalu menekankan pentingnya berusaha dengan sepenuh hati untuk mencapai apa yang diinginkan dan mewujudkan impian.

Aliya dan keluarganya menemukan sebuah kunci kesuksesan dalam menjalani profesi sebagai dokter.

Yaitu menjalani segala sesuatu dengan penuh dedikasi dan sepenuh hati, tidak peduli apa jenis pekerjaan yang diemban.

Keluarga Aliya percaya bahwa tidak semua individu mampu menjalani perjalanan dengan sepenuh hati sebagaimana yang telah dilakukan hari ini.

Selama menempuh pendidikan Kedokteran di UM Surabaya, Aliya telah menjadi delegasi dalam berbagai pertemuan mahasiswa Fakultas Kedokteran di konferensi tingkat nasional maupun internasional.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com