Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

6 Bintang dengan Cahaya Paling Terang di Langit Malam

Kompas.com - 27/10/2023, 11:16 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Bintang-bintang yang bersinar pada malam hari membuat pemandangan langit tampak indah. Dari sekian banyak bintang di langit, terdapat beberapa bintang yang cahayanya lebih terang dari bintang lain.

Seperti dalam audio drama Dongeng Pilihan Orangtua spesial Bobo Edisi 50 Tahun bertajuk “Puteri Bintang” cahaya terang yang dipancarkan bintang pada malam hari membuat pendengar dapat masuk ke imajinasinya. Akses episode ini melalui s.id/DopingBobo1.

Melansir Space.com, salah satu faktor yang menyebabkan beberapa bintang bersinar lebih terang adalah suhu. Bintang dengan suhu panas cenderung menghasilkan lebih banyak cahaya dibandingkan dengan bintang dengan suhu yang lebih rendah.

Secara urutan, bintang biru merupakan bintang terpanas, selanjutnya bintang putih, bintang kuning dan oranye, dan terakhir bintang merah. Berikut adalah bintang yang bersinar paling terang di langit.

1. Sirius

Nama ‘Sirius’ berasal dari bahasa Yunani Kuno yang memiliki arti ‘cerah’ atau ‘berkilau’. Bintang Sirius memiliki nama ilmiah Alpha Canis Majoris karena merupakan bintang terang (alpha) di rasi Canis Major.

Sirius merupakan sistem bintang terdekat kedua dari Tata Surya. Jarak Sirius dari Bumi adalah sekitar 8,6 tahun cahaya atau sekitar 8,1 triliun kilometer.

Baca juga: Mengapa Langit Berwarna Biru? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Sirius adalah bintang ganda, terdiri dari Sirius A dan B. Sirius A merupakan bintang utama yang lebih terang dan besar, sementara Sirius B adalah bintang katai putih yang sangat padat.

2. Canopus

Canopus adalah bintang yang paling mencolok di rasi bintang Carina dan salah satu bintang terang terbesar setelah Sirius. Meskipun begitu, jarak bintang Canopus dengan Bumi sangat jauh, diperkirakan berjarak sekitar 309 tahun cahaya.

Canopus juga merupakan bintang ganda, terdiri dari bintang utama dan bintang pendamping. Bintang utama Canopus merupakan bintang raksasa yang jauh lebih besar dari matahari di Bumi, dengan suhu sekitar 7.500 derajat celcius.

3. Alpha Centauri

Alpha Centauri merupakan sistem bintang terdekat dengan Tata Surya, terletak sekitar 4,37 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini terdiri dari dua komponen utama, Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B.

Alpha Centauri A memiliki ukuran yang lebih besar, dengan diameter 1,2 kali lebih besar dari Matahari. Sementara Alpha Centauri B merupakan bintang oranye kekuningan yang lebih redup dibandingkan Alpha Centauri A.

4. Vega

Vega adalah bintang terang terbesar di langit utara yang terletak di rasi Lyra. Bintang ini juga salah satu yang terdekat dengan Tata Surya, yaitu berjarak sekitar 25 tahun cahaya dari Bumi.

Vega merupakan bintang biru-putih yang sangat terang. Warna ini menunjukkan suhu permukaannya yang tinggi, atau sekitar 9.600 derajat celcius.

5. Rigel

Rigel merupakan salah satu bintang terang terbesar di rasi Orion. Rigel terlihat berwarna biru keputihan, hal tersebut menunjukkan suhu permukaannya yang sangat tinggi, yaitu sekitar 11.000 derajat celcius.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com