Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Diklat Integrasi TNI-Polri Gali Nilai Kepahlawanan di Muspusdirla

Kompas.com - 25/10/2023, 09:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Belajar bisa di mana saja. Tak hanya di lembaga pendidikan, tapi ilmu dan pengetahuan juga bisa didapat di museum.

Seperti halnya yang dilakukan sebanyak 80 siswa Diklat Integrasi TNI-Polri dengan mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Rabu (25/10/2023).

Dengan mengunjungi museum, para siswa yang juga calon abdi negara tersebut belajar sejarah, khususnya untuk mengenal dunia dirgantara.

Namun hal yang paling penting ialah, siswa diklat integrasi tersebut bisa menggali nilai-nilai kepahlawanan.

Baca juga: Kunjungi Muspusdirla, Siswa Dikmapa TNI Diharapkan Isi Kemerdekaan dengan Berprestasi

Menurut Kepala Muspusdirla Yogyakarta Kolonel Sus Yuto Nugroho, dari 80 siswa tersebut terdiri dari 60 siswa Semaba PK Wanita TNI AU Angkatan ke-51 dan 20 siswa Diktuk Sepolwan Tahun Ajaran 2023.

Kedatangan rombongan didampingi Komandan Skadik 401 Letkol Adm Titi Tri Pangastuti dan sejumlah pengasuh baik dari Semaba PK Wanita TNI AU maupun dari Diktuk Sepolwan.

Dikatakan Kolonel Yuto, museumnya memiliki ribuan koleksi. Yang mana di tiap-tiap koleksi tersimpan cerita yang membanggakan.

"Cerita yang membanggakan tentang kegagahan para pendahulu TNI Angkatan Udara dalam mempertahankan kemerdekaan dan menjaga angkasa Indonesia," ujarnya, kepada Kompas.com.

Ia pun meminta kepada seluruh siswa agar menggunakan kesempatan kunjungan di Muspusdirla sebagai momen untuk menggali lebih dalam nilai-nilai kepahlawanan seperti yang telah dicontohkan oleh para pendahulu TNI Angkatan Udara.

Baca juga: Kunjungi Wing Pendidikan Terbang Lanud Adisutjipto, Rombongan RAF Mampir ke Muspusdirla

"Gunakan kesempatan kunjungan untuk menyerap nilai-nilai kepahlawanan dan jadikan semangat dalam pengabdian untuk ikut menjaga keamanan dan keutuhan NKRI," tegas Kolonel Yuto.

Selain itu, Kolonel Yuto juga mengingatkan, masa integrasi harus bisa digunakan sebaik mungkin sebagai sarana mempererat soliditas dan memperkuat integrasi.

Tentunya agar terjalin kebersamaan, kekompakan dan ikatan moral yang kuat, yang ke depannya dapat menunjang pelaksanaan tugas di satuan masing-masing.

Sementara Letkol Titi Tri Pangastuti mengungkapkan kunjungan ke Muspusdirla merupakan salah satu rangkaian kegiatan selama pelaksanaan Diklat Integrasi TNI AU-Polri yang diselenggarakan selama 5 hari di Ksatrian Wara Kaliurang Sleman DIY.

"Dalam pelaksanaan Diklat Integrasi, Semaba PK Wanita TNI AU mengirimkan 20 siswa ke Diktuk Sepolwan di Ciputat Jakarta Selatan. Begitu juga Diktuk Sepolwan mengirim 20 siswa ke Semaba PK Wanita TNI AU," jelas Letkol Titi Tri Pangastuti.

Dengan kunjungan ini ia berharap para siswa yang meru[akan dapat meneladani semangat para pahlawan dan pendahulu TNI Angkatan Udara.

Tidak hanya itu saja, dari kunjungan dan diklat integrasi ini juga dapat ke depannya terbangun hubungan yang lebih solid.

Baca juga: Liburan di Yogya? Kunjungi Muspusdirla, Tempat Belajar dan Mengenal Dunia Dirgantara

Yakni antara institusi TNI dan Polri tidak mudah dipecah belah, tidak mudah diadu domba, dan saling memperkuat antara satu dengan yang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com