Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Magang Kampus Merdeka di DPR, Mahasiswa Melek Politik

Kompas.com - 25/10/2023, 09:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber DPR

KOMPAS.com - Ada banyak manfaat ketika mahasiswa ikut program Magang Kampus Merdeka. Salah satunya memperoleh segudang pengalaman di dunia kerja.

Atau, mahasiswa juga dapat mengembangkan skill dari profesional tempat magang. Seperti ketika ikut Magang Kampus Merdeka di DPR RI.

Para mahasiswa bisa langsung belajar tentang dunia politik, tempat di mana pusat-pusat pengambilan keputusan.

Hal itu yang dialami ratusan peserta Magang Kampus Merdeka, kerja sama antara Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI dengan Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Atasi Bullying, Komisi X DPR: Mapel PMP Harus Dihidupkan Lagi

Dilansir dari laman resmi DPR RI, Selasa (24/10/2023), para mahasiswa ikut sesi kuliah umum yang disampaikan oleh Kepala Biro Pemberitaan Parlemen, Indra Pahlevi.

Mereka seakan berlomba untuk menunjukkan eksistennya dengan menyampaikan harapan di agenda yang digelar di Ruang KK II, Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

"Apa ekspektasi adik-adik memilih magang Kampus Merdeka di DPR?," tanya Indra, usai menyampaikan materi tentang merawat keberagaman di NKRI, baik dalam bermasyarakat maupun media sosial.

Bahkan ada salah satu mahasiswa yang langsung angkat tangan untuk coba menjawabnya.

Salsabila, mahasiswi Jurusan Teknik Pertanian, Universitas Jember, itu mengungkapkan ekspektasinya untuk magang di DPR RI.

"Impact yang saya rasakan yang paling besar itu adalah untuk generasi saya melek terhadap politik, dan pemerintahan negeri saya sendiri," tutur mahasiswi yang biasa di panggil Caca itu.

Sementara Ahmad Fauzi, mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan dari Universitas Lambung Mangkurat juga tak mau kalah untuk menyampaikan pendapat.

Ia akan menyampaikan serunya magang di DPR kepada teman-temannya di kampus nanti selepas menyelesaikan magang selama tiga bulan, atau hingga Desember 2023 mendatang.

"Terutama tentang pandangan mereka ketika mungkin pada saat rapat paripurna itu tiba-tiba sudah ketuk palu, padahal sebenarnya proses yang dijalani sebelum melakukan rapat paripurna itu sebenarnya panjang," ungkapnya.

Untuk itulah dengan adanya program Magang Kampus Merdeka ini bisa menjadi awal bagi mahasiswa untuk belajar dan mengenal langsung dunia politik.

Mahasiswa tentu bisa dapat pengetahuan yang cukup mengenai dunia politik praktis.

Baca juga: Komisi X DPR: Perlu Evaluasi Berkala agar Penyaluran PIP Lancar

Dengan mengikuti magang di rumah rakyat, mereka akan secara langsung melihat dan mengikuti pembahasan berbagai keputusan yang dilakukan di DPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com