Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad: Alumni Berperan Penting Gapai Posisi 500 Terbaik Dunia

Kompas.com - 23/10/2023, 12:52 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Alumni punya peran penting dalam mendukung pencapaian Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk peringkat 500 terbaik dunia.

Untuk itu, sinergi antara alumni dan Unpad terus diperkuat untuk mewujudkan World Class University.

Baca juga: Dosen Unnes Ini Lulus S3 dengan IPK 4,00

Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Unpad, Prof. Rizky Abdullah mengatakan, alumni punya peran dalam penilaian pemeringkatan perguruan tinggi, salah satunya pada pemeringkatan QS World University Rankings (QS WUR).

Prof. Rizky mengatakan, ada beberapa indikator penilaian pada pemeringkatan tersebut. Selain bidang akademik dan riset, indikator yang dinilai adalah employer reputation.

"Kami pikir rekan-rekan alumni berkontribusi besar dalam employer reputation survey," kata Prof. Rizky saat acara "Unpad Temu Alumni" di Makassar, seperti dikutip laman Unpad, Senin (23/10/2023).

Dia mengaku, indikator employer reputation menilai sejauh mana kualitas lulusan Unpad melalui opini pengguna lulusan.

Pada indikator ini, pengguna lulusan diminta mengisi survei untuk memilih perguruan tinggi mana yang memiliki kualitas lulusan terbaik.

Di indikator ini, kata Prof. Rizky, Unpad diminta untuk mengirim kandidat yang akan disurvei oleh QS.

"Bapak/Ibu diminta untuk memilih 10 perguruan tinggi domestik dengan lulusan terbaik untuk direkrut dan 30 perguruan tinggi internasional dengan lulusan terbaik," jelas Prof. Rizky.

Baca juga: Guru Besar ITB: Ini 5 Manfaat Makan Tempe untuk Kesehatan

Prof. Rizky mengharapkan kepada alumni yang dipilih menjadi responden untuk mengisi survei yang dikirim QS.

"Kami harap pertemuan ini akan meningkatkan awareness untuk membantu Unpad untuk bersedia diikutkan dalam survei QS dan akan vote untuk Unpad," ujar Prof. Rizky.

Pada pemeringkatan QS WUR 2024, Unpad menduduki peringkat ke-661 dunia. Peringkat ini salah satunya diperoleh dari hasil survei yang dilakukan kepada 1.004 pengguna lulusan.

Baca juga: Pakar Unpad: Cegah Terorisme Harus dari Akarnya Langsung

"Jadi bisa dibayangkan kalau makin banyak alumni yang enggage ke (pemeringkatan) ini, maka akan lebih mudah bagi Unpad untuk masuk ke 500 top dunia," pungkas Prof. Rizky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com