Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bikin "Motivation Letter" yang Baik, Pejuang Beasiswa Wajib Tahu

Kompas.com - 23/10/2023, 11:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri biasanya membutuhkan syarat motivation letter yang perlu dibuat pendaftar.

Namun masih ada mahasiswa yang bingung saat membuat motivation letter. Seringkali mahasiswa bertanya, bagaimana cara menciptakan motivation letter yang menarik dan dapat menggambarkan diri mereka secara efektif.

Pasalnya motivation letter yang menjadi syarat mendaftar beasiswa ini juga punya peran penting menentukan bisa lolos atau tidak dalam beasiswa atau suatu program tertentu.

Dalam acara Delegation Class X IMAKAHI Roadshow yang diadakan Universitas Airlangga (Unair) membagikan tips membuat motivation letter.

Baca juga: 5 PTN Ini Buka Penerimaan Maba Jalur Ketua OSIS, Ada IPB dan Unair

Tips membuat motivation letter

Elis Sulistiyawati yang juga merupakan perwakilan dari International Veterinary Students Association (IVSA) memberikan berbagai tips berharga kepada semua peserta yang hadir berkaitan dengan cara membuat motivation letter yang berkualitas.

"Menjadikan surat motivasi Anda menonjol adalah hal yang sangat penting," kata Elis seperti dikutip dari laman Unair, Senin (23/10/2023).

Berikut tips membuat motivation letter yang menarik bagi mahasiswa.

1. Ringkas point penting

Tidak ada jumlah minimal kata ketika kita sedang menulis motivation letter. Namun sangat disarankan bagi kita untuk membuatnya dengan ringkas dan jelas agar mudah dipahami oleh recruiter.

"Paragraf satu dan dua menjadi paragraf yang cukup krusial. Rangkum semua poin penting dalam dua paragraf. Meliputi, kegiatan anda, apa rencana anda kedepan, dan tujuan anda mengikuti kegiatan tersebut," ungkap Elis.

Selain harus membuatnya dengan ringkas dan jelas, jangan pernah lupa untuk menulis closing statement dalam motivation letter.

Banyak orang menganggap remeh hal ini, padahal dari closing statement tersebut bisa menciptakan impresi yang baik untuk motivation letter.

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Rasa Insecure pada Diri Siswa

2. Penggunaan majas yang tepat

Tips berikutnya untuk membuat motivation letter yang menarik adalah menggunakan majas yang tepat.

Seorang recruiter seringkali harus membaca ratusan motivation letter dalam sehari. Oleh karena itu, penggunaan majas yang tepat sangat penting untuk memikat perhatian sang recruiter saat membaca motivation letter kita.

"Agar motivation letter kita menarik kita bisa menggunakan majas hiperbola," imbuh Elis.

Mahasiswa bisa mencantumkan semua prestasi atau kegiatan apa saja yang sudah pernah kalian lakukan supaya sang recruiter tersentuh melihat motivation letter kalian.

Baca juga: Cek Kisaran Biaya Kuliah di Singapura dari Jenjang Diploma dan Sarjana

Elis menambahkan, penting bagi mahasiswa untuk dapat terus mengupgrade diri. Mengikuti kegiatan eksternal maupun terus berlatih menarasikan tulisan juga termasuk bagian dari upgrade diri tersebut.

"Buatlah motivation letter kalian sebaik dan sejujur-jujurnya agar motivation letter kalian menjadi outstanding," pungkas Elis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com