Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi 13 "Boarding School "di Indonesia, Ada Pradita Dirgantara

Kompas.com - 22/10/2023, 16:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Orangtua yang berencana mendaftarkan anaknya bersekolah di boarding school perlu mencari tahu boarding school di Indonesia yang bisa jadi rekomendasi.

Boarding school adalah suatu sistem sekolah yang memiliki asrama atau bisa disebut juga sekolah berasrama.

Sehingga siswanya tidak hanya belajar di sekolah itu. Melainkan juga bertempat tinggal di sekolah tersebut. Sekolah asrama juga berbeda dengan pondok pesantren.

Setelah tahu apa itu boarding school, ketahui juga beberapa boarding school terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan rekomendasi.

Baca juga: Kuota Sekolah SNBP 2024, Ini Kriteria dan Syarat Daftar bagi Siswa

Rekomendasi boarding school di Indonesia

Dilansir dari laman masing-masing sekolah, berikut sekolah berasrama atau boarding school terbaik yang bisa dijadikan pilihan para orangtua dan siswa:

1. SMA Taruna Nusantara

SMA Taruna Nusantara dikelola Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara, di bawah Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan milik Kemhan ini menjadi salah satu sekolah berasrama atau boarding school yang bisa dijadikan pilihan.

SMA Taruna Nusantara berada di Magelang, Jawa Tengah ini juga termasuk sekolah terbaik di Indonesia. Sehingga syarat masuk sekolah ini juga cukup sulit karena ada kriteria nilai rapor hingga skor IQ.

2. SMA Krida Nusantara Bogor

SMA Terpadu Krida Nusantara (SMAT-KN) merupakan salah satu sekolah berasrama penuh (boarding school) yang berada di Kota Bandung. Berdiri pada tahun 1996, dengan status terakreditasi A.

3. SMA Pangudi Luhur Vanlith

SMA Pangudi Luhur Vanlith merupakan sekolah berasrama yang berada di Jalan Kartini 1 Muntilan, Jawa Tengah.

Sekolah ini mengantongi akreditasi A dan bisa dijadikan pilihan orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya di boarding school.

4. Nurul Fikri Bogor

Nurul Fikri Boarding School Bogor adalah sekolah berasrama terbaik dengan suasana yang nyaman dan asri yang terletak dibawah gunung Salak. Tepatnya beralamat di Jalan Jami, Sukaluyu, Tamansari, Bogor, Jawa Barat, 16610.

NFBS Bogor mengarahkan proses pembelajaran menuju perwujudan imamul muttaqin yang disebut profil pelajar Nurul Fikri, dan lebih dikenal dengan SMART. SMART adalah konsepsi praktis tentang sikap dan perilaku yang dikembangkan oleh NFBS Bogor yang terdiri dari 5 dimensi, yaitu sholeh, muslih, cerdas, mandiri, terampil.

5. Semesta Billingial Boarding School

Sekolah ini berada di Jalan Raya Manyaran-Gunungpati No.KM. 15, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224.

Dilansir dari laman sekolah, sebuah lembaga pendidikan yang ideal adalah lembaga pendidikan yang menerapkan sistem asrama kepada para peserta didiknya. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita –para guru dan peserta didik– peroleh dari kehidupan berasrama di sekolah.

Yakni melatih para siswa untuk dapat berpikir dan bersikap mandiri dan tidak lagi bergantung pada kedua orangtuanya. Jika seorang siswa menghadapi sebuah masalah, maka ia dituntut untuk bersikap dewasa dan bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Baca juga: 7 Hal Penting yang Harus Dilakukan Mahasiswa di Semester Awal

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com