Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Santri, Kemenparekraf Perkuat Peran Santri di Ekonomi Digital lewat "Santri Digitalpreneur"

Kompas.com - 21/10/2023, 20:18 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menyambut Hari Santri Nasional (22/10), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menegaskan komitmen memperkuat peran santri sebagai agen perubahan ekonomi digital melalui program "Santri Digitalpreneur 2023".

Puncak program Santri Digitalpreneur digelar dalam acara "Demoday Santri Digitalpreneur 2023" yang dilaksanakan pada Sabtu, 21 Oktober di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Santri Digitalpreneur bertujuan membentuk santri berkarakter dan berintegritas tinggi untuk kemudian dapat memberdayakan santri untuk bersaing di industri kreatif dan digital, mendorong penciptaan konten kreatif dengan menjunjung tinggi karakter baik dan terpudi (akhlakul karimah).

Program ini juga diharapkan mampu mengubah santri menjadi produsen informasi dan literasi, serta menjadi penggerak kebangkitan ekonomi Indonesia di kancah global.

 

"Sekarang kita melihat para santri semua telah menjadi bagian dari ekonomi digital," ungkap Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutan pembukaan "Demoday Santri Digitalpreneur 2023".

Sandiaga Uno menyebut, sentuhan dengan media menjadi sebuah keniscayaan mengingat berdasarkan data Asosiasi Penyandang Jasa Internet Indonesia pengguna internet Indonesia telah menyentuh angka 215 juta jiwa.

"Inilah kenyataan yang harus kita pahami. Anak muda Indonesia tidak boleh terus hanya menjadi penonton. Kalian harus mampu menjadi garda terdepan karena (menuju) Indonesia Emas yang akan menjadi lokomotifnya adalah santri-santri muda kita," pesan Sandiaga Uno.

Sandiaga juga menyampaikan, Santri Digitalpreneur mengusung konsep Indonesia Bangkit, Santri Mendunia. Untuk itu Sandiaga Uno mendorong program ini dikemas dalam format inovasi, adaptasi, dan berkolaborasi.

Baca juga: 50 Ucapan dan Twibbon Hari Santri 2023, Penuh Doa dan Semangat Perjuangan

"Semangat Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), dan Gaspol (garap semua potensi online), Indonesia Bangkit, Santri Mendunia," pesan Menparekraf Sandiaga Uno menutup sambutannya.

Rangkaian "Demoday Santri Digitalpreneur 2023" 

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com