Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Karya SMK RUS Kudus Hadir di Acara TEI 2023

Kompas.com - 18/10/2023, 20:15 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak enam karya pendidikan vokasi tampil di acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2023. Karya itu dibuat oleh siswa SMK maupun mahasiswa politeknik. 

Dari 6 karya yang ditampilkan, ada karya dari SMK RUS yang menarik perhatian.

Baca juga: Pendidikan Vokasi Punya Peranan Penting di Banyak Sektor Industri

Siswa dari SMK RUS mengenalkan 4 karya animasi 3D LED, yakni Sabda Alam, Unstring Your Heart, Wakakibo, serta Watersplash dan Abstract Particle di acara TEI 2023.

"Talenta digital para siswa SMK ini tidak diragukan lagi, karya animasi yang disajikan berkelas internasional," kata Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Kemdikbud Ristek, Uuf Brajawidagda ditemui pada acara TEI 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, pada Rabu (18/10/2023).

Uuf mengaku, dengan terlibatnya pendidikan vokasi dalam acara TEI, maka bisa mengukur kualitas vokasi dan belajar ide dari banyak pihak.

"Harapannya kita bisa mengukur kualitas sudah mencapai mana. Kita juga bisa belajar ide, dan ketiga tentunya interaksi antarpendidikan vokasi," ucap Uuf.

Project Manager RUS Animation Sekar Kinasih menjelaskan, empat karya SMK RUS yang ditampilkan di TEI 2023 merupakan hasil dari siswa 1-3.

Baca juga: Kisah Nyoman, Lulusan Cumlaude ITB yang Lolos Beasiswa LPDP ke MIT

Sekar mengungkapkan secara detail 4 karya yang dibuat SMK RUS.

Karya animasi Sabda Alam menceritakan kisah Burung Rangkong Jantan terbang hingga memberi makan keluarganya melalui Lubang Pohon.

"Karya berjudul Unstring Your Heart menceritakan dua karakter yang membawa Boneka Kayu dan memainkannya menari didepan Lawang Sewu," ungkapnya.

Sementara karya animasi berjudul Wakakibo mengisahkan dua Karakter Waka dan Kibo yang asyik bermain petak umpet.

"Sedangkan karya animasi berjudul Watersplash dan Abstract Particle menampilkan Visual Efek Air realistis dan Pergerakan Abstract Particle, dengan angle view Anamorphic yang turut memperlihatkan 3D ruang dalam layar videotron," ujarnya.

Dia menyebut, dari empat karya yang ditampilkan, salah satu karyanya akan ditayangkan di kanal YouTube milik RUS Animation, yakni Waka Kibo.

"Kalau ini Kibo, ini salah satu IT animasi yang kita buat, namanya Waka Kibo. Soon kita akan tayangkan segera di chanel RUS Animation (YouTube)," tutur Sekar.

Vokasi menuju internasional

Uuf berharap, TEI 2023 dapat menjadi ajang bagi industri untuk melihat keberadaaan pendidikan vokasi melalui karya-karya yang dipamerkan.

Baca juga: Pendidikan Vokasi Berpotensi Besar Jadi Ekosistem Perdagangan Industri

"Kami juga akan melakukan akuisisi kemitraan dengan tim secara langsung agar vokasi bisa menuju internasional," tutup Uuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com