Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UAJY Buka Prodi S3 Arsitektur, Jadi PTS Pertama di Yogya

Kompas.com - 17/10/2023, 17:02 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di Yogya, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) membuka Program Studi Arsitektur Program Doktor.

Adapun pembukaan prodi baru S3 ini usai dilaksanakan penyerahan Surat Keputusan Kemendikbud Ristek tentang izin pembukaan Program Studi Arsitektur Program Doktor oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V DIY (LLDikti V) di kampus setempat, Senin (9/10/2023).

Penyerahan SK ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No.682/E/O/2023 tentang Izin Pembukaan Program Studi Arsitektur Program Doktor pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Baca juga: Ingin Kuliah Jurusan Arsitektur? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Rektor UAJY Dr. G. Sri Nurhartanto, S.H., LL.M., mengatakan bahwa Program Doktor Arsitektur ini merupakan program doktor pertama di UAJY.

Pada tahun akademik baru 2023/2024 Program Doktor Arsitektur sudah mulai beroperasional dan telah menerima 5 mahasiswa berdasarkan saran dari Asesor BAN-PT.

"Kita patut bersyukur kepada Yang Maha Kuasa atas anugerah dan rahmatnya. Sebab kita boleh menyaksikan bersama upacara penyerahan SK dari Kemendikbud melalui Bapak Kepala LLDikti Wilayah V untuk penyelenggaraan program Doktor Arsitektur," terang Rektor UAJY dalam keterangan tertulisnya.

Rektor juga berharap pembukaan Program Doktor Arsitektur ini bisa memberi energi dan memacu kinerja segenap sivitas di lingkungan universitas.

Tentunya untuk terus mempertahankan standar dan komitmen UAJY yang sudah dibangun selama ini.

Sementara Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D., selaku Kepala LLDikti Wilayah V mengatakan, pembukaan program Doktor Arsitektur merupakan yang pertama di Wilayah V Yogyakarta.

Bahkan UAJY menjadi PTS yang pertama kali membuka Program Studi Doktor Arsitektur.

Apabila ditinjau dari lingkup nasional, baru ada 8 universitas yang menyelenggarakan S3 Arsitektur.

"Kita tentu berharap agar UAJY bisa menyelenggarakan Prodi Arsitektur program Doktor ini sebaik mungkin," katanya.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Stres pada Mahasiswa, Salah Satunya Istirahat

Ini karena program Doktor Arsitektur di UAJY ini punya kekhususan yaitu AINA (Artificial Intelligence Neural Architecture) yang merupakan kombinasi antara pendidikan Arsitek, Psikolog, Teknologi Informasi yang menjadi satu keunggulan tersendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com