Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik "Nudging" Karya Mahasiswa Unnes untuk Turunkan Obesitas

Kompas.com - 15/10/2023, 15:30 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unnes

KOMPAS.com - Setiap orang tentu ingin memiliki berat badan yang ideal. Salah satu caranya ialah dengan rutin berolahraga.

Tak hanya itu saja, salah satu cara untuk menurunkan berat badan ialah dengan rutin jalan kaki atau menjalankan aktivitas fisik.

Jika tidak melakukan aktivitas fisik itu, maka banyak hal negatif akan terjadi. Salah satunya adalah obesitas atau penumpukan lemak yang menimbulkan penyakit seperti jantung, hipertensi dan diabetes.

Adapun salah satu penyebab obesitas ialah kurangnya melakukan aktivitas fisik.

Baca juga: Mahasiswa Unnes Inovasi Bioaditif Campuran Bensin Rendah Polusi

Menurut riset dari Universitas Stanford, rata-rata jumlah langkah kaki penduduk Indonesia hanya 3.513.

Tentu data ini terpaut jauh dengan negara tetangga Singapura yang jumlah langkah kakinya 5.675 sehari.

Terkait hal itu, Tim PKM-RSH Universitas Negeri Semarang (Unnes) mencoba menaikkan aktivitas fisik dengan berjalan kaki untuk menurunkan tingkat obesitas melalui teknik bernama "Nudging".

Dilansir dari laman Unnes, Kamis (12/10/2023), nudging merupakan teknik pengubahan perilaku yang dilakukan secara halus, tidak bersifat memaksa atau mengatur.

Melainkan memberikan kebebasan kepada target perubahan perilaku untuk mengambil keputusan sendiri atas perilakunya.

Ada beberapa jenis nudging, diantaranya cognitive dan behavioural nudging. Cognitive nudging ini berfokus untuk intervensi dengan melibatkan proses kognitif.

Sedangkan behavioural nudging berfokus pada intervensi yang lebih pada penerapan perilaku secara langsung.

Tim dari mahasiswa itu dipimpin oleh Nurharianto Jayadi (Psikologi) serta 4 anggota lain yakni Maulina Istighfaroh (Kesehatan Masyarakat), Wulan Fitriana (Psikologi), Dani Ahmad Bagusta Rustanto (Psikologi), dan Muhammad Ikhsan Asya’bani (Psikologi).

Mereka dibimbing oleh Anna Undarwati, S.Psi., M.A., Ph.D. Tim yang dinamai Towards a Healthy Life (WARDLIFE) ini juga telah berhasil lolos tahap pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2023 di cabang lomba Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH).

Tentunya dengan membawakan judul penelitian “Cognitive vs Behavioral Nudging: Uji Efektivitas Program Peningkatan Perilaku Jalan Kaki Berbasis Nudging Sebagai Upaya Mencegah Obesitas”.

Baca juga: PNJ Inovasi Genteng dari Limbah Plastik, Harga Lebih Murah

Tim WARDLIFE berharap ke depan hasil dari penelitiannya mampu berkontribusi dalam dinamika kesehatan di Indonesia, serta mampu menurunkan tingkat obesitas melalui peningkatan jalan kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com