Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Ikan Laut bagi Siswa, Salah Satunya Bikin Pintar

Kompas.com - 15/10/2023, 16:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Omega 3, vitamin dan mineral dari ikan laut tidak hanya bagus buat anak balita saja. Remaja juga perlu makan ikan laut untuk mendapatkan gizi baik.

Sebab selama masa remaja, tubuhmu tetap terus bertumbuh dan berkembang. Karena itulah perlu gizi baik.

Gizi yang cukup tak hanya didapatkan dari sayur, buah, sumber protein nabati saja.

Tetapi perlu protein hewani semacam ayam, daging sapi dan yang utama adalah ikan. 

Baca juga: 8 Manfaat Makan Buah dan Sayur bagi Siswa

Apa saja manfaat ikan laut? Ini 7 manfaat yang didapat untuk remaja, dilansir dari laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

1. Meningkatkan kemampuan otak

Sudah sejak dulu asam lemak omega-3 dalam ikan dapat meningkatkan kemampuan otak. Mengapa begitu? Karena kadar Asam Eicosapentaenoic (EPA) dan Docosahexaenoic (DHA) baik untuk mendukung pertumbuhan otak.

2. Menjaga kesehatan mata

Asam lemak omega-3 pada pada ikan dapat membantu menajamkan penglihatan. Selain itu, mengonsumsi ikan juga dapat membuat mata tetap sehat dan cerah karena adanya kandungan vitamin A pada ikan.

3. Menjaga kesehatan mental

Asam lemak omega-3 pada ikan dapat meningkatkan produksi hormon dopamin dan serotonin dalam otak yang berperan menciptakan rasa bahagia pada seseorang. Sehingga, seseorang tidak mudah depresi.

Baca juga: Viral Kasus Kopi Sianida, Dosen UMM Ungkap Efek Bahayanya buat Tubuh

4. Menyehatkan tulang dan sendi

Asam lemak omega-3 pada ikan laut juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Asam lemak omega-3 dapat mempermudah pergerakan sendi dan mengurangi kekakuan sendi akibat Arthritis Rheumatoid (peradangan kronis pada sendi).

Kandungan vitamin D pada beberapa ikan, seperti ikan salmon dan tuna juga bisa mendukung pertumbuhan tulang dan penyerapan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Dengan mengonsumsi ikan 1-3 gram per hari dapat mengurangi gejala nyeri sendi, termasuk kekakuan, bengkak, dan rasa tidak nyaman pada persendian.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com